Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Pasang Google Analytics Terbaru Bagi Bloger Pemula, Yuk Dicoba

                                            

Selamat malam, teman-teman, Semangat pagi. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik ya. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah, setelah 3 bulan bergabung mengikuti Blogspedia Coaching tibalah saatnya aku dinyatakan lulus dari Challenge ini, yey! Dan, bahagianya lagi, kami dapat bonus materi tambahan tentang Cara memasang Google Analytics GA4 dari Coach Sugianto.

Coach Sugianto, atau kerap disapa dengan Kang Ugi, membawakan materi tentang Google Analytics yang terbaru, yaitu Google Analytics GA4. Nah, disini dijabarkan bahwa Google Analytics bisa dengan GTM maupun tanpa GTM. Google Anaytics vers terbaru ini sangat berbeda dengan versi sebelumnya, yaitu Google Analytics UA (Universal Analytics)

Kegunaan Google Analytics

Sebelum masuk ke materi, nah disini ada beberapa kegunaan dari GA ini. Secara umum, Google Analytics ini mempermudah pemilik blog/website dalam melihat info statistik untuk keperluan SEO maupun digital marketing lainnya. Menurut wikipedia, Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman termasuk mesin pencari, iklan daring, email maupun tautan. Jika diintegrasikan dengan Google Ads, Google Analytics dapat bermanfaat menganalisis efektivitas iklan tersebut. Lebih jauh lagi, Google Analytics dapat mengetahui kata kunci apa yang banyak merujuk ke situs web pengguna.

 Berbeda dengan materi pada umumnya, materi bonus kali ini menggunakan Google Meet, dan dilaksanakan pada malam hari pkl 19.30. Berhubung jam-jam segitu adalah waktu-waktu yang genting bagi emak-emak, jadinya aku gabung tapi belum sempat langsung praktek. Hanya mnyimak penjelasan dan mengamati peserta lain yang sudah langsung share screen. Keren sekali ya, mereka, gumam dalam hatiku.

Nah, hari berikutnya, memang tidak afdol kalau tidak langsung dicoba ya Junkeisea-ers. Ilmu seperti ini memang kalau enggak langsung dipraktekin biasanya menguap. Berbekal materi yang tadi malam telah disampaikan oleh Coach, akhirnya kucoba mengikuti petunjuk demi petunjuk yang disampaikan. Kuncinya kali ini adalah harus runut, hati-hati, karena ada sesi copy paste code juga di template blog! 

Nah, kira-kira teman-teman penasarana gimana cara masangnya?? Cuss yuk dicoba.

                                            google-analytisc-thia

Cara Memasang Google Analytics GA 4, Google Analytics Terbaru

Sebenarnya, Google Anaytics ini bisa dipasang pada platform wordpress maupun blogspot. Tapi selama coaching ini memang mengkhususkan pada platform blogspot saja.

Secara garis besar, ada beberapa tahap dalam memasang Cara memasang Google Analytics GA 4.

1. Membuat Akun Google Analytics

Tahap pertama adalah kita menuju alamat analytics.google.com, kemudian  jangan lupa membuat akun terlebih dahulu. Setelah membuat akun, berikutnya adalah masuk ke menu Admin, kemudian Create Property. Berikutnya, mengisi property name dengan time zone dan mata uang sesuai yang kita inginkan. Berhubung kita di Indonesia, jadi ya enggak usah aneh-aneh ya, isi sesuai time zone Indonesia dan mata uang rupiah.

Tahap berikutnya adalah melengkapi informasi Business Detail, dengan mengisi apa kategori bisnis dan ukuran bisnis. Pastikan diisi sesuai dengan skala bsnis yang kita inginkan.

Tahap ketiga adalah mengisi Business Objective. Nah, sebagai blogger kita isi General Leads, dan jangan lupa isi Raise Brand Awareness juga. Selanjutnya adalah mengisi Data Collection, pilih yang versi Web.

Tahap keempat adalah membuat Data Stream. Disini akan terdapat informasi penting seperti Stream Name, stream url, stream ID, dan ID Measurement. Sebelum menuju template blogspot, berikutnya kita menuju Google Tag Instalation. Nanti akan muncul kode-kode yang akan kita pindahkan ke template blog kita.

2. Memasang pada Template Blogspot

Kode yang kita dapatkan pada langkah sebelumnya tadi, akan kita masukkan pada template blogspot. Sebelum memasang kode tersebut, lakukan parsing terlebih dahulu. Salah satu tools yang bisa digunakan adalah  https://www.deevacollection.com/p/parsing-tools.html. Paste kodenya, parse, dan copy to clipboard. 

Sebelum memasukkan kode-kode tersebut, pastikan backup terlebih dahulu ya Junkeisea-ers. Masuk ke menu Tema, lalu Cadangkan. Selanjutnya adalah edit HTML, dan masukkan kode sesuai petunjuk. Klik save untuk menyimpan.

3. Mengecek apakah Google Analytics sudah berjalan 

Untuk mengecek apakah sudah berhasil atau belum, kita bisa mengecek kembali ke alamat analytics.google.com, lalu pastikan sudah ada data di Snapshoot Report. Jika sudah nampak, berarti GA4 sudah terpasang di blog kita. 

Menurut coach Ugi, langkah lain untuk melakukan pengecekan Google Analytics adalah melalui Google Tag Manager (GTM). 

                                       google-analytics

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA 4) Menggunakan Google Tag Manager

Bagaimana cara memsangnya? Simak penjelasan berikut.

1. Membuat akun Google Tag Manager (GTM)

 Pertama-tama, kita masuk ke alamat https://tagmanager.google.com, kemudian Create Account. Isi data yang dibutuhkan seperti Account Set up, seperti Account Name, Country. Selanjutnya adalah mengisi Set Up Account dengan mengisi Container Setup yaitu Web. Nah, berikutnya adalah Create, tapi pastikan kita telah mencentrang Term of Service of Agreement. Terakhir pada tahap ini adalah melakukan preview, masukkan alamat blog kita, selanjutnya Connect.

2. Memasang kode GTM pada Blogspot

Tahap kedua dalam memasang GTM adalah memasang kode pada template blog. Ada 2 kode yang harus dipasang yaitu di bawah <head> dan di atas <body>. Sebelum memasang 2 kode ini, pastikan telah diparsing terlebih dahulu ya Junkeisea-ers.

3. Membuat Tag GTM

Selesai memasukkan kode GTM, berikutnya adalah membuat tag GTM. Kita kembali ke halaman pertama, yaitu tagmanager.google.com, pilih Add New Tag. Dalam Tag Configuration, pilih yang Google Analytics GA4 Configuration. Isilah Measurement ID, lalu pilih Data Stream. Selanjutnya, pada Field To Set pilih Add Row, masukkan Page View. Terakhir, pada bagian Triggering, pilih yang All Pages.

4. Cek Google Analytics

Langkah terakhir adalah mengecek apakah instalasi kita sudah berhasil atau belum. Caranya adalah masuk ke akun GTM, Pilih preview, nanti kita akan menuju Tag Assistant. Pada halaman ini, isikah alamat blog kita, lalu pilih Connect. Pada tab lain, masuk ke alamat Google Analytics, dan pilih Debug View. Jika sudah berhasil, selanjutnya adalah Submit.

                                                                                         

KESIMPULAN

Nah begitulah kita-kira cara memasang Google Analytics GA4 pada bloger kita, khususnya bloger pemula. Gmana teman-teman sudah penasaran? Dalam memasang Google Analytics memang kita harus mengikuti langkah demi langkah, tidak boleh diskip. Dan, kita perlu hati-hati ketika memasukkan kode-kode, karena ini akan saling terhubung. Jangan sampai eror yang berujung merusak template blog ya, Junkeisea-ers. Semangat mencoba!!

 


Post a Comment