Ganti Judul dan ALt sendiri

Tips Mengatasi Aki Motor Soak

Selamat malam Junkeisea-ers. Pernah nggak Junkeisea-ers, motornya tiba-tiba mati di tengah jalan? Pernah juga nggak, motor tiba-tiba susah di-starter dan harus bolak-balik manual dengan kaki untuk menyalakan kelistrikan? Kalau pernah, toss dulu. Peristiwa itu adalah akibat dari aki motor yang mati, aki motor yang sudah soak dan minta ganti.


Seringkali, kejadian tersebut membuat kita jengkel. Waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk mengerjakan hal lain, jadinya malah terkonsentrasi untuk mbenerin motor yang sebetulnya bisa antisipasi lhoh.

Tanda-Tanda Aki Mulai Soak

Nah, bagaimana sih tipsnya? Ada nggak cara biar kita aware sebelum aki motor itu benar-benar soak? Berikut tanda-tandanya ya, Junkeisea-ers!

1. Start mesin lambat atau tidak menyala


Ini merupakan tanda yang paling umum ya, Junkeisea-ers. Seringkali kita baru “ngeh” kalau aki mati ya pas startnya enggak nyala. Ini adalah tanda paling umum bahwa aki motor mulai soak.

2. Suara starter lemah


Ciri yang kedua adalah jika kita melakukan starter, ternyata suara starter itu lemah atau bahkan justru tidak terdengar sama sekali. Ini juga pertanda bahwa aki motor kita harus segera diganti.

3. Cahaya lampu redup


Setelah selesai dengan starter, berikutnya adalah perhatikan apakah lampu motor menyala sempurna atau redup. Jika lampunya redup, ini pertanda bahwa aki motor mulai soak, sebagai akibat dari daya yang sudah mulai habis dan tidak dapat memberikan daya yang cukup

4. Mesin mogok saat lampu dihidupkan


Tanda terakhir adalah mesin akan mati saat kita menyalakan lampu. Hal ini juga pertanda bahwa kita harus cepat mengganti aki motor.


Dari keempat tanda di atas, mana nih yang Junkeisea-ers sering alami? Nah,untuk mengatasi aki yang sudah mulai soak tadi, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan lho, Junkeisea-ers.

Tips Mengatasi Aki Motor yang Sudah Mulai Soak

Cek aki motor secara berkala

Bila kita melakukan pengecekan motor secara rutin, kita akan tahu kondisi aki motor kita sejauh apa. Jika kita tahu ada kebocoran atau korosi pada terminal aki, lebih cepat segera membawanya ke bengkel yang tepat.

Pemeriksaan tegangan aki

Cara yang kedua adalah menggunakan multimeter untuk memeriksa tegangan aki. Tegangan aki yang rendah bisa memberikan indikasi bahwa aki perlu diisi ulang.

Pengecasan aki yang tepat

Pastikan aki motor telah terisi penuh dan dicas secara berkala dengan menggunakan pengecesan aki yang sesuai dengan spesifikasi aki teman-teman.


Pemeriksaan sistem pengisian

Tips berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksan sistem pengisian motor seperti stator, regulator tegangan dan alternator, dan memastikan bahwa aki kita menerima pengisian yang cukup saat mesin berjalan.

Penggantian aki

Ini merupakan tips yang paling mudah. Ketika aki motor terus memiliki masalah, jika kita telah mencoba ke-5 tips sebelumnya, mungkin ada baiknya kita mengganti dengan aki yang baru.


Mengganti Aki di Tempat Terpercaya

Nah, teman-teman enggak usah bingung kalau mau ganti aki motor. Planet Ban, menyediakan fasilitas gratis pasang dan gratis cek motor saat mengganti aki motor. Selain itu, aki motor di Planet Ban dijamin original!


Kira-kira mau di Planet Ban yang mana nih yang mau dikunjungi? Enggak usah kawatir lagi ya Junkeisea-ers. Planet Ban memiliki 1100 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi yang tinggal di Jakarta enggak usah ragu, Planet Ban hadir dekat dengan masyarakat. Ruko nya enggak susah dicari kok.

aki motor

 

Outlet Planet Ban di Sekitar Pondok Aren Tangerang Selatan


Berikut beberapa outlet Planet Ban di Tangerang Selatan:


Planet Ban Raya Jombang Pondok Aren

Alamat
Jl. Raya jombang pondok aren Rt. 001/ 007 Kel. Pondok pucung Kec. Pondok aren Tangerang Selatan, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414
Telepon : 81586722053
Jam : 09:00 - 21:00

Planet Ban Pondokkacang Timur Pondokaren

Alamat
Jl. Pondok Kacang g Timur, RT.002/RW.003, Pd. Kacang Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang, Banten 15226, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15226
Telepon :
Jam : 09:00 - 21:00

Planet Ban Raya Serpong Tangerang

Alamat
Jl. Raya Serpong, RT. 008 RW. 002. Kel. Serpong, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telepon :
Jam : 09:00 - 21:00


Planet Ban Bhayangkara Pakujaya Serpong

Alamat
Jl. Bhayangkara 1, RT.003 RW.001, Kel. Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15324
Telepon :
Jam : 09:00 - 21:00



Planet Ban Raya Pondok Jaya Pondok Aren

Alamat
Jl. Raya Pondok Jaya, RT.007 RW.002, Kel. Pondok Jaya,, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220
Telepon :
Jam : 09:00 - 21:00



KESIMPULAN

Dengan memperhatikan tanda-tanda dan melakukan perawatan yang tepat, ini akan mencegah masalah aki motor dan memastikan kendaraan kita dapat berjalan dengan baik. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari aki motor kita, yuk segera atasi!

‹ OlderNewest ✓

9 comments

  1. Wah. Lengkap banget penjelasannya kak. Jadi tau nih kita2 tentang aki.

    ReplyDelete
  2. Kalau motor sedang susah distater kadang khawatir akinya soak. Jadinya kalau mau bepergian cek-cek mesin motor dulu agar nyaman berkendara.

    ReplyDelete
  3. Aku kalau akinya sudah soak juga selalu di service di Planet Ban mbak. Udah langganan di sana. Motor jadi terasa baru lagi. Jadi nyaman dipakainya.

    ReplyDelete
  4. Lumayan banyak juga ternyata Planet Ban di sekitar Pondok Aren dan Tangerang Selatan. Jadi pada ga bakalan bingung teman-teman yang mau servis motor atau beli aki baru ke Planet Ban kalau banyak cabangnya gini

    ReplyDelete
  5. Planet Ban mah cabangnya dimana-mana sih, dekat kantorku ada juga, dekat rumah pun ada, malah dua sisi jalan lo, mungkin karena jalan besar ya sehingga menarik pemilik usaha untuk emmbuka usaha di sana

    ReplyDelete
  6. Pengecekan aki motor secara berkala ini penting banget lho. Karena kalau udah masalah ak iyang soak, dah lah mau nggak mau harus engkol atau dorong haha...Aku pernah ngalamin gini juga. Sejak itu aku lebih aware masalah per-aki-an ini.

    ReplyDelete
  7. Wow banyak juga ya cabang planet ban ini. Pantas saja di kota kecil seperti Salatiga ada planet ban

    ReplyDelete
  8. Kalau aki soak dan sudah berbau sebaiknya ganti baru aja. Apalagi kalau sudah berulang, karena bagaimana oun aki ada masa pakainya juga. Apalagi sekarang sudah makin mudah ganti aki dengan harga terjangkau di Planet Ban.

    ReplyDelete
  9. Kita pernah mengalami mati aki saat mudik aduuh sampai muter2 nyari beli aki baru. Alhamdulillah dapat bengkel yang cukup lengkap ada aki yg sesuai dengan kendaraan kita. Memang harus telaten ya merawat kendaraan itu termasuk merawat aki.

    ReplyDelete