Ganti Judul dan ALt sendiri

Ikut Blogspedia Coaching 4: Kelas Gratis, Ilmunya "Mahal"



Bismillah, Alhamdulillah. Akhirnyaa, The Last Day ng-ODOP ala Blogspedia Coaching tiba juga. Hari yang ditunggu-tunggu olehku. Meski ng-ODOP hanya 6 hari ya teman-teman, tapi jangan salah, di tengah-tengah aku sempat ingin menyerah! Huhu…Meski hanya 6 hari, dan sekian kata yang dipersyaratkan, tapi Masyaallah, lumayan berat. Kebetulan, minggu ini juga kerjaan formal lagi sibuk-sibuknya…


Tapi, big why dalam diriku akhirnya membisikkan dalam hati, masa iya kamu berhenti? Sayang banget lho, udah berprogres 3 bulan ini bersama Blogspedia Coaching? Bukankah ini yang kamu inginkan untuk menjadi bagian dari Blogspedia Coaching? Sayang banget kalau harus berhenti di tengah menuju ujung jalan, hanya karena tidak setor tulisan. Duh sayang banget. Pergulatan pikiran dalam benakku akhirnya saling berperang, dan dengan semangat yang tersisa, kucoba untuk bertahan, yap, 1 hari lagi!

Inilah Saatnya! Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching


Flashback 3 Bulan yang Lalu…Aku mengenal Blogspedia Coaching dari teman-teman bloger juga yang pernah ikutan coaching ini. Review yang disampaikan, tentu kelas ngeblog gratis yang tertib, ilmu dalam belajar ngeblognya nggak tanggung-tanggung, dan penugasan tentang cara menjadi blogger pemula-nya bagus. Aku tahu ini mungkin tahun lalu. Saat itu belum kepikiran sih mau ikut coaching ini. Lalu, di bulan Maret/April tahun ini, aku melihat info challenge 15 Days Writing Challenge-ny Blogspedia. Dan karena saat itu lagi lumayan nganggur dalam hal tulis menulis, akhirnya aku mencoba untuk ikutan. 

Saat itu, aku memang lagi aktif dengan blog-ku yang satunya, yang berbasis Wordpress. Challenge 15 hari juga engga semudah yang dibayangkan. Pasalnya tiap hari temanya beda dan kadang di luar hal yang aku kuasai, jadi harus cari sumber referensi lain. Alhamdulillahnya, aku lulus di challenge itu dan mendapatkan Golden Ticket.

                                                      blogspedia


Nah, usut punya usut, Golden Ticket ini bisa dipakai atau dihibahkan, untuk ikut kelas Blogspedia Coaching gratis tis tis! Cuss lah akhirnya aku DM adminnya dan konfirmasi, apakah aku tergolong orang-orang yang bisa pakai golden ticket itu atau tidak. Berangkat dari situ, akhirnya kucoba pasangkan golden ticket untuk mengikuti Blogspedia Coaching ini. Saat itu udah hopeless sih sebenarnya, mau diterima alhamdulillah, engga diterima yawis mungkin belum rejeki.

Tentang Blogspedia


Blogspedia? Dulu sebelum kenal komunitas ini, Blogspedia mungkin mirip sama Wikipedia tapi versi blog. Dan ternyata benar. Komunitas yang dirintis oleh Mbak Maritaningtyas ini, komunitas yang diperuntukkan bagi kita-kita yang lagi belajar ngeblog tapi males nge-blog. Dari komunitas ini, akan melahirkan Blogger yang ahli-ahli dan tak kalah keren. Informasi lebih jauh, teman-teman bisa kunjungi www.blogspedia.my.id

                                                      blogspedia

Blogspedia Coaching


Ini adalah salah satu kegiatan Blogspedia dalam memberikan ilmu yang bermanfaat bagi orang-orang di luar sana, termasuk aku, saksi sejarahnya, hehhe. Jujur kuakui, Mbak Maritaningtyas ini keren sekali dalam berbagi, benerbener enggak pelit ilmunya. Bayangkan, meng-coaching 3 bulan untuk orang lain, tanpa dipungut biaya, dan dengan ilmu yang menurutku “mahal”. Sedangkan di sini, teman-teman bisa ikut dengan cuma-cuma, hanya saja harus patuh dengan S&K nya. Sama seperti proses challenge di tempat lain, bagi yang tidak mengikuti rule harus dikeluarkan agar fair.


Jasa Blogspedia


Selain menyediakan Blogspedia Coaching, di Blogspedia juga ada jasa-jasa seperti content writing, design/template blog, maupun ingin menghidupkan kembali blog yang telah lama enggak update. Untuk informasi lebih lanjut tentang Jasa Blogspedia, lebih lengkapnya tersedia melalui www.blogspedia.my.id

                                              

Kesan Mengikuti Blogspedia Coaching


Selama tiga bulan mengikuti Blogspedia Coaching ini, rasanya luar biasa sih. Ada beberapa yang sangat berkesan dalam mengikuti Blogspedia Coaching ini. Belajar ngeblog dengan serius, aku dapatkan di Blogspedia Coaching kali ini. Dan, cara menjadi blogger pemula untuk blog yang berbasis blogspot juga aku dapatkan banget, dari coaching ini. Terimakasih yang sebanyak-banyak aku tujukan pada Mbak Marita dan team, serta Mbak Dyah, yang tak henti-hentinya mengingatkan tentang tugas, serta grup kecil BP#4 yang juga menginspirasi. Disini, aku menemukan manfaat yang kurasa kutangkap ketika mengikuti kelas ngeblog gratis ini:


Belajar menemukan Big Why dalam ngeblog


Bagi blogger pemula, penting menemukan big why sebelum melangkah lebih jauh. Ibaratnya, membenahi niatnya dulu sebelum melakukan. Big why ini yang akan mendorong kita untuk senantiasa menulis dan ngeblog. Termasuk ketika menghadapi halang rintang dan keinginan untuk berhenti.

Belajar membenahi adab dalam ngeblog


Nulis enggak sekedar nulis, tapi ada juga adab dalam ngeblog dan adab belajar ngeblog. Jujur, darisini aku juga belajar banyak, bagaimana kita mengikuti aturan yang diberikan, bagaimana sikap kita dengan PJ dan para narasumber yang memberikan ilmu.

Belajar menulis secara terstruktur


Dari Blogspedia, aku menemukan cara menulis secara terstruktur. Bagaimana menyusun content plan, bagaimana menerapkannya, dan bagaimana tulisan kita itu dilirik oleh Google. Termasuk cara menulis secara SEO on page, SEO off-page, dan mempelajari keyword dan turunannya.

Belajar desain dan belajar template blog


Terakhir, ini yang paling berkesan sih. Dari dulu banget, kalau ganti-ganti template ya taunya cuman pasang, selesai. Engga sampai edit edit HTML, duh, makanan apa itu. Tapi, dari kelas ngeblog ini, aku jadi tahu sedikit banyak tentang memodifikasi template blog. Minimal, blog kita hijau dimata SEO inspector, hehe.

                                     blogspedia

KESIMPULAN


Terakhir, di hari terakhir ini, aku sangat merekomendasikan teman-teman yang pengen menemukan kelas belajar ngeblog gratis, pengen tau cara menjadi blogger pemula, teman-teman bisa ikutan Blogspedia Coaching tahun depan! Tapi ingat, dalam kelas coaching ini, kita dituntut untuk mandiri dan aktif mencari jawaban, bukan yang songgowang langsung selesai wkwkwk. Pokoknya kalau ada tugas, bisa ngga bisa dikerjain aja, usahakan sesuai dengan ketentuan. Insyaallah lulus sampai akhir.

3 comments

  1. Aamiin insyaallah lulus sampai akhir. Baca tulisan mb Thia jadi ngerasa hari ini Idul Fitri. Berasa hari kemenangan ya. Semoga tetap semangat belajarnya, tetap saling menyemangati untuk terus bertumbuh ngeblognya.

    ReplyDelete
  2. Semangat mbak Thia.. Yuk bertumbuh bersama-sama. Aku selalu kagum sama mbak, sesibuk apapun tetap tidak lupa ngeblog ya.hehe
    Secinta itu sama blogging.

    ReplyDelete
  3. Mba Tia, proses belajar menulis terstruktur nih ngena banget di saya yang kadang nulisnya agak susah berurutan.. hehe..

    ReplyDelete