Ganti Judul dan ALt sendiri

Sudah Siap Eksis? Daftar Google News Yuk, Berikut Langkahnya

Semangat pagi, Junkeisea-ers, setelah belajar tentang Google Analytics, Google Search Console, sekarang giliran kita belajar Google News. Apakah itu Google News? Terdengar asing, tetapi google News ternyata memiliki manfaat untuk menunjang profesi seorang bloger. Apa saja ya? Penasaran?

Apakah Itu Google News?


Mengutip Revou, Google News merupakan platform berita yang bisa mengagreasi berita dari berbagai sumber media dari seluruh dunia. Google News sendiri menampilkan berita berdasarkan algoritma yang mempertimbangkan banyak faktor termasuk keaktualan, relevansi, dan otoritas suatu berita.

Menurut Coach Marita dan Coach Ugi, bagi bloger Google News sendiri memiliki manfaat yang penting, menunjang agar artikel blog cepat terindeks oleh Google.


Indexing Artikel oleh Google


Seperti materi yang telah disampaikan sebelumnya ketka memasang Google Search Console, langkah yang perlu dilakukan bloger setelah publish artikel adalah melakukan pengindeksan artikel pada Google. Indeks ini sangat penting, akrena tanpa indeks pengunjung akan lebih sedikit menemukan artikel kita di Google. Untuk melakukan pengindeksan, teman-teman bisa melakukan tahap ini:

1. Membuka Google Search Console, lakukan inspeksi URL


Inspeksi URL ini dilakukan dengan mem-paste-kan url postingan kita dari web yang ingin diindeks. Tekan enter.

Tunggu sampai sistem memindai keberadaan URL tersebut, dari Google, apakah sudah terindeks atau belum. Jika sudah, temanteman bisa berbahagia, dan jika belum lakukan tahap ketiga.

google-news

2. Meminta pengindeksan


Jika ternyata artikel kita tidak ada di Google, klik tombol “Minta pengindeksan” ya manteman. Pengindeksan ini dilakukan dengan Google Search Console, menguji apakah URL dapat langsung diindkes atau tidak.


3. Bersabar dan menunggu hasil pengindeksan


Untuk menunggu hasilnya, manteman bisa menunggu antrian sambil banyak-banyak berdoa :)

google-news


Langkah-langkah Mendaftar Google News


Setelah mempelajari apa manfaatnya, berikut kita belajar cara mendaftar Google News. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapan


Ada beberapa hal yang perlu kita siapin sebelum mendaftar Google News, nih Junkeisea-ers. Kemarin kan kita udah daftar Google Analytics ya, nah langkah pertama adalah catat kode trackingnya! Biar gampang, temanteman bisa catat di notepad, atau catat manual di kertas ya. Nah, berikutnya adalah nyiapin logo berukuran kotak/square, dengan ukuran 512x512. Pengalamanku sih, kita bisa pakai canva, atau kalau enggak punya canva pro, bisa resize image memakai platform web gratis juga lumayan bertebaran di internet. Jika kedua hal ini kita sudah siap, kita bisa masuk ke tahap selanjutnya, yuk gas.

2. Mendaftar Google News


Ada cerita unik disini sih, kukira kita bisa langsung masuk ke alamat google news, yang berisi berita-berita ya. Eh tapi salah alamat. Untuk mendaftar Google New, kita masuknya ke alamat https://publishercenter.google.com/ ya Junkeisea-ers, sungguh berbeda sekali hehe. Disini, teman-teman bisa masuk menggunakan akun Google yang sudah dipunyai ya, lebih bagus lagi yang dipakai sekalian untuk daftar Google Analyitcs, Google Search Console, dan Blognya, jadi satu rangkaian maksudnya, nyambung gitu.

google-news

Di bagian kanan atas ini ada tombol bernama “Add Publication”, nanti Google akan merekomendasikan property yang kita punya, karena disini aku punya 2 akun, jadi oleh Google langsung “ditawari” property mana yang mau didaftarkan di Google News.

Setelah pilih propertynya, berikutnya adalah mengisi URL Blog, memberi nama property, memilih negara dan bahasa, dan terakhir, “Tambahkan Publikasi”

Berikutnya adalah mengedit property yang kita buat, melalui menu “Edit”. Temanteman isikan informasi dasar seperti kategori sesuai niche blog manteman, pilih distribusi, dan izinkan semua property, berikutnya adalah “Simpan”

Selanjutnya adalah mengisi RSS Feed. Sesuai penjelasan Coach, untuk mengisi RSS Feed bisa menggunakan template yang sudah ada, diganti dengan nama blog teman-teman aja. Contohnya adalah https://junkeisea.com/feeds/posts/default?alt=rs.

Oiya, jangan lupa, temanteman juga perlu mengisi info Kontak, gaya visual yang ditinjau, ikuti saja terus prosesnya hingga muncul keterangan “Publikasikan”. Sampai dengan tahap ini, teman-teman sudah sepertiga jalan. Berikutnya tinggal menyerahkn kepada Google untuk di-review.

3. Mengecek Status Live Google News


Pengalaman teman-teman dan mimin juga, perlu beberapa waktu untuk ditinjau oleh Google. Kita enggak tau parameter apa yang digunakan, tinggal berd0a banyak-banyak, hehe. Ada yang 3 hari, dan lebih dari itu. Sama seperti punya mimin ini masih seperti ini saja:

google-news

Tentang Reader Revenue Manager


Di samping persis Google News, terdapat tab bernama Reader Revenue Manager. Menarik juga nih, bisa sekalian dicoba pasang ya Junkeisea-ers. Belajar dari Google, Reader Revenue Manager ini bisa membantu kita meningkatkan engagement dan retensi pembaca melalui fitur pendaftaran newsletter, survei, dan pendaftaran pembaca.

Berdasarkan support.google.com, beberapa manfaat Reader Revenue Manager yaitu:

  • Terhubung dengan pembaca
  • Terhubung dengan audiens
  • Mengonversi pembaca
  • Melakukan peluncuran dengan keterampilan teknologi minimal
  • Mengumpulkan pembayaran dengan biaya transaksi terendah

Untuk memulai ini, kita pembaca hanya perlu biaya transaksi 5% saja.

Peluang adanya Reader Revenue Manager bagi bloger adalah, memungkinkan kita mendapatkan pemasukan. Bagi pembaca, dengan adanya reader revenue manager ini akan lebih mendapatkan konten sesuai dengan ekspektasi mereka, bukan hanya sekedar viral saja. Meskipun terbilang baru, Reader Revenue Manager ini benar-benar bisa memberikan manfaat bagi penulis maupun pembaca.

Sudah Siap Mendaftar Google News?

Nah, kira-kira seperti itu ya temanteman cara memasang Google News, cukup mudah kan yaa. Langkahnya tidak terlalu sulit, hanya perlu mengikuti tahap demi tahap dan menjalani prosesnya. Jadi sudah siap memasang Google News? Sudah siap artikel kita mejeng di Google News? Hehe…

16 comments

  1. Wah selangkah lebih maju ini mbak thia.cobain reader revenue manager. Susah nggak sih mbak utak atiknya?

    ReplyDelete
  2. Nah saya dulu pernah daftar Google News cuma kok lupa pakai akun apa ya. Wah artikel jadi lebih cepat terindex ya kak.

    ReplyDelete
  3. Asli sih daftar google news ngebantu banget buat artikel kita cepat keindeks, jadinya cepat nangkring deh di halaman google, ya

    ReplyDelete
  4. Bener lo ini, saya sudah emncoba daftar google news dan emmbantu banget agar artikel mudah dikenali google jadi lebih cepat terindeks gitu

    ReplyDelete
  5. Waaah thankyouu kak udah nulis artikelnyaa iniii, soalnya aku juga belum bikin google newsnyaa >.< otw bikin aah

    ReplyDelete
  6. Waah menarik yaaa google news.....buat akun ah disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu Teh bikin, bermanfaat banget aslinya bikin Google News ini. Artikel kita jadi cepat terindeks

      Delete
  7. Wah saya baru tau soal google news ini. Terima kasih atas informasinya kak

    ReplyDelete
  8. otw bikin deh.. biar artikel yang ku tulis bisaa cepat ke indeks..

    ReplyDelete
  9. saya langsung bookmark artikel ini mbak. Dari udah lama dikasih tahu temen, klo disuruh daftar google news agar artikel mudah terindeks google. Tapi blm paham caranya.

    ReplyDelete
  10. Sejak tahu ada google news, aku langsung daftar waktu itu. pas banget lagi ikut kelas blogging. Dan syaratnya adalah daftar goole news. Jadi aku daftar, ternyata emang dampaknya semua artikel blog aku lebih mudah terindex.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah saya juga udah pasang Google News ini, Kak. Perlahan namun pasti artikel di blog saya bisa terindeks dalam waktu singkat.

    ReplyDelete
  12. Waah ini nih yang aku cari. Soalnya udah lama banget blog aku enggak bisa dideteksi gugel, sampai udah kayak yang, ya udahlah, gapapa, wkakak. Nanti aku cobaa

    ReplyDelete
  13. Makin banyak platform dan wadah buat nulis makin semangat menulisnya. Keren nih google news

    ReplyDelete
  14. Bener banget, Google news bisa buat artikel kita cepet keindeks sama google... Cepet bisa ketahuan google dong apa yg kita tulis

    ReplyDelete
  15. Google news bagian dari upaya membangun branding diri, dengan artikel yg kita miliki. Tentu harapannya bisa mendatangkan traffic

    ReplyDelete