Ganti Judul dan ALt sendiri

Pilihan Minuman Untuk Menemani Aktivitas Di Kala Hujan


     Memasuki Bulan Oktober, beberapa kota di Indonesia sudah mulai mengalami hujan yang turun. Ditambah semarak bekerja dari rumah, dipadukan dengan suasana hujan yang sungguh syahdu. Ya, siapa teman-teman disini yang suka suasana hujan?

    Meskipun hujan, kita tidak boleh patah semangat ya teman-teman. Hawa yang dingin harus didukung dengan asupan yang hangat lagi sehat. Nah, disini saya ingin merekomendasikan beberapa minuman yang cocok untuk menemani aktivitas kita di kala hujan.

Pertama, Teh Hangat

Ya, siapa diantara kita yang tidak menyukai teh. Minuman segala usia ini rupanya sudah dinikmati oleh kita dari jaman dahulu. Teh pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1684 yang dibawa oleh  seorang berkebangsaan Jerman yang bernama Andreas Cleyer. Kemudian, mulai abad ke-18 mulai berdiri pablik pengolahan teh yang tentu saja didukung oleh VOC. Setelah itu, pusat penanaman teh berpusat di Jawa Barat, lalu meluas ke Seluruh pulau Jawa dan luar jawa. Karena diyakini memiliki banyak manfaat yaitu pengobatan dan kesehatan, teh telah diminum oleh kita secara turun temurun. Secara lebih spesifik, teh bermanfaat meningkatkan metabolisme, anti-inflamasi, mengurangi risiko kematian, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meminum teh pahit lebih baik daripada teh manis, karena teh manis mengandung gula yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu penyakit degeneratif seperti diabetes.

Kedua, Kopi Pahit

Saat ini, tidak dipungkiri bahwa kopi merupakan minuman yang nge-hits pada jamannya. Gerai kopi telah merambah dan semakin meluas, baik di  kota besar maupun kota yang kecil. Tapi tahukah teman-teman, sebetulnya negara kita adalah negara penghasil kopi, yang memiliki ragam kopi. Kita mengenal Kopi Aceh, Sumatera, Toraja, hingga Jawa. Gaya orang mengonsumsi kopi pun sudah bergeser. Jika dulu orang-orang menyukai kopi yang manis, semakin ke sini orang mulai sadar untuk mengonsumsi kopi yang sehat.

Meminum kopi identik dengan kegiatan melembur atau kerja ekstra.  Di beberapa artikel menyebutkan, manfaat meminum kopi salah satunya adalah meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Tak jarang, beberapa reaksi orang setelah meminum kopi adalah jantung berdenyut lebih cepat dan semakin bersemangat. Nah, kopi sangat cocok untuk menemani aktivitas teman-teman di waktu hujan, ya. Apalagi kalau disambi membaca buku atau menonton tayangan.   

Ketiga, jahe hangat

Jahe tidak hanya dikenal sebagai salah satu empon-empon yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Meminumnya di kala hujan pun membuat sensasi hangat bagi tubuh. Apalagi kalau kita selesai beraktivitas di luar dan kehujanan. Rasa-rasanya ingin segera menyeruput jahe hangat. 

Apalagi kita tidak cukup waktu untuk merebus sendiri, membeli dari penjaja jahe hangat di mamang pinggir jalan oke juga. Tapi memang, ketika membeli di luar biasanya pemanisnya menggunakan susu kental manis. Inilah yang membuat jahe hangat sangat nikmat diseduh di saat tubuh kedinginan.

Keempat, sekoteng

Minuman sekoteng mengingatkan saya pada minuman di waktu kecil. Jaman dulu, saya suka meminum sekoteng merk ABC yang berwarna orange. Tapi semakin ke sini seperti minuman itu tidak lagi dinikmati dan hilang dari peredaran. Minuman yang berasal dari Jawa Tengah ini biasanya dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti tawar. 

Di saat hujan turun, meminum sekoteng panas sambil memakan biskuit sepertinya menjadi salah satu pilihan yang bisa kita nikmati. Jika tidak ada penjual keliling yang berjualan dengan gerobak, kita bisa membuat sendiri di rumah. 

Kelima, Bajigur

Selain minuman di atas, bajigur bisa menjadi salah satu pilihan yang layak kita coba. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki sensasi gurih santan yang berpadu dengan legitnya gula merah. Terkadang, dalam bajigur juga ada rasa pedasnya yang berasal dari jahe. 

Sambil menyruput bajigurm kita bisa memakan makanan seperti ubi rebus, singkong rebus, dll. Ditambah semakin legit dan semakin bersemangat menemani kegiatan kita di kala hujan.

Keenam, Air putih hangat

Ada kalanya, kita tidak menginginkan makanan yang manis-manis. Maka, air putih hangat sudah menjadi salah satu pilihan yang sangta sederhana dan simple. Selain sehat, efek menyegarkan setelah meminum air hangat juga akan kita rasakan. Jika memiliki lemon, kita bisa memeras sedikit lemon ke dalam minuman kita. 

Jadi, kira-kira teman-teman memilih yang mana untuk menemani di kala hujan tiba?

Post a Comment