Ganti Judul dan ALt sendiri

Mendekati Weekend, Nyusun Menu Yuk, Bun!


   
 Teman-teman, saat ini resep-resep banyak sekali bertebaran di media sosial. Orang-orang yang sudah pandai memasak tak pelit untuk berbagi ilmu. Sekali klik pencarian resep tertentu, sederet rekomendasi artikel siap untuk dicoba. Namun, seringkali banyak dari kita merasa belum jago memasak, begitupun saya. Nah, untuk itu, saya akan merekomendasikan resep-resep yang saya coba akhir-akhir ini dan mudah untuk dicoba. 

Untuk pemula, baiknya kita mencoba memasak makanan yang rutin kita konsumsi setiap harinya. Kalau masak nasi, sudah wajib 'ain untuk kita para wanita, jangan sampai gagal, wkwkwk. Mungkin, mempelajari resep-resep lauk pauk dan sayur patut kita coba.

1. Sayur Direbus

Beberapa sayur yang biasa saya buat sendiri dengan direbus yaitu sayur bayam bening, sayur bayam santan (Bahasa Jawanya: Bobor), sayur asem, sayur sop, dan sayur soto. Untuk membuat sayur ini, biasanya kita membuat kaldu terlebih dahulu baru memasukkan sayurnya. Hal ini sangat tergantung jenis sayur yang akan kita masak, semakin keras maka semakin membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Sebaliknya, jika sayuran seperti bayam, maka memasukkan ke dalam air yang mendidih dalam waktu 5 menit sudah lumayan lama.

2. Sayur Ditumis

Kalau bosan dengan rebusan, biasanya sayur saya tumis. Untuk tumisan, saya biasanya membubuhkan sedikit cabai agar tidak terkesan hambar. Mau nggak mau kalau tumisan nggak pakai cabai rasanya kok agak gimana, gitu. Nah, beberapa jenis masakan yang ditumis adalah sayur kangkung tumis, sayur jamur tumis, sayur bayam tumis, sayur kacang panjang tumis, sayur tumis tahu tempe, dan sayur tumis taoge. Banyak yaa, Bun.

3. Sayur Bersantan

Kalau teman-teman berasal dari daerah jawa tengah dan jawa timur, mungkin memang sudah ramah di lidah makanan bersantan. Kayaknya hampir sebagian besar masakan dari daerah sana bersantan atau berasal dari kelapa. Tetapi kalau daerah Jawa Barat, cenderung simpel dan kurang suka dengan santan atau yang terasa manis. Untuk sayur jenis ini, ada beberapa yang sering saya masak yaitu sayur terong santan, sayur kacang panjang tahu santan, sayur tahu tempe santan, sayur labu siam, sayur pepaya muda bersantan.

4. Sayur Lalapan

Bosan dengan direbus, ditumis, diberi santan? Yak... dimakan mentah atau lalapan bisa jadi salah satu pilihan, teman-teman. Beberapa sayuran yang bisa dimakan mentah adalah petai, kubis, daun pepaya yang diiris tipis, timun, dll. Tapi, biasanya memang kita memerlukan tambahan sambal, entah sambal bawang, sambal giwang, sambal terasi. Akan terasa lebih nikmat.

Memilih Jenis Sayuran Membantu Menyusun Menu Mingguan

Mungkin itu beberapa klasifikasi resep yang bisa kita coba di rumah. Dengan mengetahui pembagian dimaksud, akan mudah juga bagi kita untuk menentukan menu mingguan. Apabila kita suka membeli bahan sekaligus banyak di pasar, saya biasanya menentukan dahulu apa saja yang akan saya masak pada hari itu atau dalam minggu itu. Meskipun seringkali meleset, tapi biasanya bisa fleksibel atau saya tukar--tukar sesuai dengan rikues keluarga. Kelebihan lainnya adalah bisa lebih menghemat budget dengan mengurangi pembelian bahan-bahan yang tidak perlu serta mengurangi mubazdir juga ya, teman-teman.

Banyak sedikit menu yang disusun dalam satu minggu tergantung dari beberapa hal. Pertama, jumlah keluarga. Semakin banyak anggota keluarga, maka menu yang disusun akan bervariasi sesuai selera masing-masing. Masaknya biasanya tidak terlalu banyak, cukup 1-2 kali porsi per masing-masing orang. Yang kedua adalah budget. Kalau lagi punya uang, biasanya dalam satu minggu memasukkan menu dari ayam kampung atau daging, tapi kalau lagi mepet, biasanya sayur dan tempe tahu sudah Alhamdulillah, hehe.


14 comments

  1. Aku tim yang suka bikin menu tapi realita suka jauh dari menu alias suka tergoda beli jadi sama gofood hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi banyak diskon yaa Kak, sayang dilewatin

      Delete
  2. Aku kalau mager masak ya rebus sayur pake air aja kak, nanti tinggal bikin sambal dan goreng apa gitu jadi menu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Kak, sambel jg ada yg udah kemasan, lebih praktis lagi

      Delete
  3. Aku tim mager masak... Apalagi di rumah tinggal bertiga dan paksu pulang sore, ya sore itu baru masak. Itu pun kadang nge-wa, kita makan diluar aja ya... Lagi malas masak.... 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah lebih enak kalau mendadak yaa Kak.. lebih fresh

      Delete
  4. Udah lama gak nyusun menu, biasanya itu lagi itu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku krn tergoda postingan medsos kadang suka nyobain masakan aneh2 Kak. Ntar pengen nyoba tumis bunga kecombrang (sebelumnya sama sekali blm pernah)

      Delete
  5. Aku tim yang ga mau masak banyak. Jadi aku dan paksu ikut selera anak. Sop lagi, sop terus 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang aku jg gitu kak. Sop - soto- bening bayam-, siklusnya gitu terus dalam seminggu..

      Delete
  6. Aku tim sayur direbus dan ditumis Kak😂

    ReplyDelete