Ganti Judul dan ALt sendiri

Agar Doa Dikabulkan

Tidak dapat dipungkiri, ketika kita menginginkan sesuatu kondisi atau suatu hal, kita akan memperbanyak doa. Doa, adalah serangkaian kegiatan yang mengutarakan keinginan untuk disampaikan kepada Allah SWT. Namun, adakalanya ketika kita sudah sering berdoa, tetapi rasanya doa kita belum dikabulkan olehnya.

Harus ada evaluasi atas apa yang kita lakukan kemarin. Akankah usaha kita hanya seperti itu saja? Apakah doa dan kekhusyukan kita tetap sama seperti yang sebelumnya?

Bayangkan saja, misalnya kita ingim meminta sesuatu kepada Bapak Presiden. Kita tentu akan berusaha lebih keras, melakukan segala hal agar keinginan kita dapat diwujudkan oleh Bapak Presiden itu.

Nah, ini, kita tidak sedang meminta kepada manusia, tetapi meminta kepada Sang Pencipta manusia. Kira-kira apa saja yang harus kita lakukan agar doa kita dapat dikabulkan?

1.      Berusahalah lebih keras

Ini adalah rumus pasti. Ketika kita menginginkan sesuatu melebihi kenormalan kita, tentu kita harus memberikan sesuatu yang lebih. Jika ini terkait dengan keinginan duniawi, misalnya kita ingin mendapatkan jodoh dalam waktu dekat, atau pekerjaan. Kita harus mempelajari terlebih dahulu SOP yang harus kita lakukan. Misalnya, dengan meperbanyak koneksi, lingkaran pergaulan yang tidak hanya itu-itu saja, atau meminta bantuan teman untuk membantu mencarikan kita pasangan. 😊

2.      Berbuat ibadah lebih kencang

Sebagai seorang muslim, tentu ibadah adalah upaya kita untuk menjalin kedekatan kepada Allah SWT. Semakin sering kita beribadah, memahami dan memaknai ibadah kita, maka kita menjadi semakin dekat. Harapannya adalah yang kita lakukan bukan hanya ritual semata, namun mendapat Ridha-Nya.

3.      Berbuat baik kepada orang lain

Ketika kita sedang kesusahan, dan sedang menginginkan kondisi yang lebih baik, cobalah untuk melihat ke bawah. Lihatlah orang-orang yang nasibnya tidak lebih baik daripada kita. Jika memungkinkan, kita dapat membantu orang-orang yang betul-betul dapat kita tolong. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih bersyukur akan kondisi kita yang sekarang sekalipun belum sesuai harapan kita.

4.      Jangan melukai orang lain

Selain dosa, jangan sampai orang tersebut mendoakan kita yang buruk. Itu akan menghambat terkabulnya doa kita.

5.      Perbanyak istighfar

Isitghfar bisa dikatakan sebagai salah satu pembuka pintu rejeki.

6.      Berdoa dan khusyu’ dalam waktu mustajab

Berdoalah dan memohon dalam waktu yang mustajab seperti sepertiga malam terakhir, pada saat hujan, atau antara azan dan iqomat.

7.      Bertawakal lebih dekat dengan Allah

Setelah semua yang kita lakukan, hal terakhir adalah kita serahkan semua hasilnya kepada Allah. Biarkan Dia yang menentukan taqdir kita. Karena, perhitungannya adalah yang terbaik. Maka dari itu, semoga kita dapat membangkitkan kembali komitmen kita untuk memperbaiki kualitas doa-doa kita. 

 

Post a Comment