Ganti Judul dan ALt sendiri

Tak Perlu Jauh-Jauh Healing, Yuk Beres-Beres Rumah Aja


Sudah mendekati akhir pekan, apakah junkeisea-ers sudah punya ide menghabiskan waktu? Mencari waktu senggang untuk healing? Tapi, sebenarnya kita enggak perlu jauh-jauh healing lho Junkeisea-ers. Wah apakah itu? Makan? Tidur? Bukan, bukan. Healing kali ini adalah beres-beres rumah aja! Kok bisa, ya?


Beres-beres bisa jadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Melihat tumpukan piring kotor atau tumpukan baju yang belum dicuci bisa menjadi penyebab stres orang-orang tertentu. Apalagi, mainan yang berantakan dan tidak pada tempatnya, membuat ibu harus mengerutkan kening. Tak heran, emosi berubah menjadi kemarahan yang luar biasa.

Kerapihan Rumah Mencerminkan Kepribadian Pemilik Rumah

Ada orang yang mengatakan, bahwa kerapihan rumah mencerminkan kepribadian pemilik rumah. Orang yang rumahnya rapi, bisa jadi dia memang orang yang rapi dalam hidupnya. Sedangkan orang yang cuek, mungkin memang menggambarkan kepribadiannya yang cuek. Setuju engga setuju sih, sebenarnya. Terkadang kita tidak bisa langsung menilai sifat seseorang dari kondisi rumahnya, tapi dari kerapihannya sedikit banyak mencerminkan bagaimana pemilik rumah berperilaku di rumahnya.

Dalam episode beres-beres, aku seringkali mencari referensi vlogger di youtube. Banyak vlogger yang membuat video yang unik dan estetik yang memberikan visualisasi yang bagus, serta menularkan semangat untuk ikutan beres-beres.

Silent Vlogger Asal Korea Menularkan Semangat Beres-Beres

Sejak pandemi 2020 lalu, aku sering melihat beberapa vlogger, content creator asal Korea yang biasa kutonton untuk penyemangat dalam bersih-bersih. Biasanya, kalau semangat untuk pas beres-beres rumah lagi loyo, aku nonton video ini. Pun ditonton pas waktu luang, juga healing banget sih rasanya.


Karakter vlogger dari korea ini disebut sebagai silent vlogger. Membagikan aktivitas kesehariannya dengan tidak memperlihatkan wajah, dan seringkali memberikan narasi pada videonya. Ciri khas yang lain adalah karakter musik yang dipakai biasanya memang yang menenangkan, beberapa sengaja memasang ASMR. Selain itu, hasil video yang diunggah sangat estetik, memanjakan mata dan rasanya nyaman sekali.

1. Haegreendal

Dari awal aku suka banget dengan vlog dari Haegreendal. Videonya memang terkenal ciamik meracik video dan memperlihatkan aktivitas kesehariannya sebagai ibu rumah tangga melalui vlog. Dari mulai masak-masak hingga beres-beres rumah. Ia juga suka membagikan kegiatannya bersama dengan anaknya yang dijuluki Little Captain. Selain itu, aktivitas sederhana seperti memasak air, memakan biskuit bisa menjadi hal yang tampak menyenangkan.


2. Hamimommy

Selain Haegreendal, aku juga suka melihat channel Youtube Hamimommy. Hampir sama dengan Haegreendal, Haimimommy juga menunjukkan kesehariannya dalam beraktivitas di rumah.

3. Nyangsoop

Hal yang menarik dari Youtube Nyangsoop adalah beberapa kali ia menunjukkan aktivitasnya di outdoor, karena memang tinggal di desa. Rutinitas seperti memasak, mengisi kulkas, terlihat sangat menarik. Apalagi alat-alat dapur yang vintage.
                                              

4. Sueddu

Sueddu adalah seorang freelancer yang tinggal sendirian. Ia juga sering membagikan video rutinitas harian, pekerjaan dan traveling serta room tour. Konten yang disajikan cukup beragam.

                                                

Manfaat Beres-Beres Rumah untuk Self Healing

Pernah ngga sih Junkeisea-ers merasa suntuk banget di rumah, dan ketika mulai beres-beres malah jadi semangat lagi. Semua orang akan nyaman tingal di rumah yang nyaman, bersih, tapi enggak semua orang mau beres-beres rumah. Karena kegiatan ini bisa jadi menjenuhkan dan banyak yang malas melakukannya.

Nah, dengan melihat 4 vlogger tadi, sepertinya kita harus mulai nih untuk semangat lagi beres-beres rumah. Karena berdasarkan pengalamanku juga, beres-beres punya dampak yang bagus bagi kesehatan.

Mengurangi stress


Sebuah penelitian dalam Personality and Social Psychology Bulletin menyatakan bahwa rumah yang berantakan bisa menyebabkan sres dan kekhawatiran untuk penghuni rumah. Selain itu melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, dan merapikan rumah selama 20 menit membantu mengurasi stres.

Akan tetapi, baiknya ketika beres-beres rumah kita lakukan dengan senang hati, bukan karena ambisi biar rumahnya bersih kinclong dalam waktu yang singkat. Yang ada malah kita stress. Hehe.. Oiya, biar makin semangat bisa juga kita stel lagu kesukaan yang menenangkan.

Membuat tubuh bugar

Manfaat kedua adalah membuat tubuh semakin bugar. Aku pernah ngelihat di instagram, kalau beres-beres rumah bisa juga dilakukan dengan “style” olahraga. Tapi ya menurut pendapatku, akan tetap berbeda sih antara olahraga dan beres-beres rumah. Meskipun pada akhir sama-sama memkar kalori.

Kegiatan beres-beres rumah bisa dijadikan sebagai kegiatan pemanasan sebelum menjalani hari-hari yang padat.

Meningkatkan fokus

Beres-beres ternyata bisa membuat ruangan membantu meningkatkan fokus. Ketika banyak barang-barang yang berserakan, terkadang membuat konsentrasi pecah.

Menjaga nafsu makan

Sama halnya ruangan yang berantakan dapat mengganggu konsentrasi dalam bekerja, ini juga dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Bukan tanpa alasan, ruangan yang kotor, berdebu dan berantakan dapat mengotori makananmu. Makanan yang kotor juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, khususnya terkait pencernaan.

Meski terkesan sepele, ternyata malas beres-beres akan berdampak buruk pada kesehatan. Jangan sampai kesehatan kita terganggu akibat dari rasa malas melakukan aktivitas beres-beres.

Menghindari kecelakaan dalam rumah

Rumah yang berantakan dengan benda-benda yang berada di tempat yang tidak seharusnya dapat membahayakan penghuni rumah, terutama lansia dan anak kecil. Misalnya, balita dapat tersandung benda-benda yang berserakan di lantai, seperti isi staples atau tusuk gigi.

Nah, dengan kelima manfaat beres-beres tersebut, membuat kita jadi bersemangat melakukan beres beres yaa.

Step Mulai Beres-Beres


Setelah mengetahui manfaat beres-beres, langkah selanjutnya adalah mulai beres-beres. Kirakira mulai dari mana ya? Nah, ini aku sedikit sharing tentang step memulai beres-beres yaitu:

1. Kamar Tidur

Hal yang paling dekat dengan aktivitas adalah kamar tidur. Entah mengapa ketika melihat ruangan berantakan, hilang seketika ketika melihat kamar tidur rapi dan bersih serta wangi.

2. Dapur

Yang kedua adalah mulai menata kembali gelas, piring, alat makan serta stok bahan makanan. Kadang kalau selepas membuat kopi, masih ada kerak yang bersisa di gelas. Nah, kali ini saat yang tepat untuk mencuci kembali peralatan agar kinclong.

3. Lemari Pakaian

Suka bete nggak sih kalau lagi nyari baju tapi enggak ada? Nah agenda berikutnya adalah mberesin pakaian agar rapi.

4. Kamar Tamu

 Langkah terakhir dalam beres-beres adalah membersihkan kamar tamu. 

Tak Perlu Jauh-Jauh Healing, Beres-Beres Rumah Bisa Jadi Alternatif

Nah, jadi tak perlu lagi jauh-jauh mencari referensi untuk healing ya Junkeisea-ers. Mari kita mulai saja dengan membereskan rumah yang ternyata banyak manfaatnya. Selain itu, akan merawat rumah kita pula. Jadi, tunggu apa lagi. Yuk agendakan minggu ini!












6 comments

  1. Korea semua, ya, Mbak. Adakah rekomendasi vlog dari Indonesia, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak. Ada sih beberapa yang Indonesia, kalau aku paling suka youtubenya kak Astrid Puji Lestari

      Delete
  2. Selama ini hanya kenal hamimommy ternyata ada vlogger lain yang tidak kalah menarik ditonton

    ReplyDelete
  3. Channel yt menarik semua, tapi lebih ke daily activities dan masak2 sih. Tapi karena ku suka banget masak, jadi cocok banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, kakak saka masak apakah, bisa itu kapan2 bikin video jugaa

      Delete