Ganti Judul dan ALt sendiri

8 Tips Blogger Rajin Posting Ala Aida

Selamat siang, teman-teman. Alhamdulillah, senang sekali rasanya sudah memasuki pekan keempat ikut coaching di Blogspedia. Rasanya senang sekali. Setiap Senin dan Rabu, rasanya ada aja yang ditunggu. Meskipun, ada pula tugas-tugas menanti untuk dikerjakan. Kalau tidak dikerjakan, konsekuensinya apa? Hoho.. enggak main-main sih, konsekuensinya adalah di-kick dari per-coaching-an kali ini. 

Semakin ke sini, aku belajar mengenal blogger lain di komunitas ini yang tak kalah keren. Mereka dari berbagai macam background. Ada ibu rumah tangga, ibu yang bekerja, maupun yang masih single. Background blogger mah bisa berbeda-beda ya, yang penting semangat ngeblog tetap menggebu. Semakin kita berkenalan, kita akan mendapatkan insight yang bagus dari teman blogger yang kita kenal. Salah satunya yang kudapat adalah tips agar blogger rajin posting.

Berkenalan Dengan Aida Binti Ruwaida, Pemilik Blog Skinkerenkita.blogspot.com

Nah, salah satu blogger yang kukenal kali ini adalah blogger asal Kediri yang kece banget. Meskipun sibuk, ternyata wanita satu ini masih berkesempatan untuk ngeblog. Adalah dia, Mbak Aida, salah satu blogger saya kenal di Komunitas Blogspedia coaching kali ini.

Sebenarnya, minggu lalu saya sempat main ke blog pribadi beliau. Aku sempat kaget dengan postingan Mbaknya, tentang blogging yang membuatku agak tercengang dan beda dari yang lainnya. Salah satunya adalah melalui tulisan ini https://skinkerenkita.blogspot.com/2023/07/tak-perlu-hobi-menulis-dan-membaca-untuk-rajin-blogging.html#more.

Rajin Ngeblog Karena Tugas Kuliah

Percaya nggak sih, kalau Mbak Aida ini ternyata memulai ngeblog sejak ngeblog menjadi tugas kuliah kala itu. Jika ada yang pernah bilang, ketika kita melakukan sesuatu, apalagi itu sebuah kebaikan, maka paksa dulu, nanti lama-lama juga jadi kebiasaan. Sama halnya dengan menulis blog. Menurut Mbak Aida, dia pernah rajin ngeblog ketika itu merupakan tugas kuliah. 

Meskipun, pada akhirnya minat ngeblog itu muncul kembali di tahun ini, ketika Mbak Aida mengikuti Blogspedia Coaching. Tapi menurutku tak mengapa. Akupun juga begitu, hehehe. Aku pernah menyukai blog di sekitar tahun 2013-2015 meskipun postingnya asal dan jarang (yaampun enggak banget), tapi akhirnya minat itu muncul lagi sih.

Pernah Menjadi Kontributor Artikel

Selain itu, Mbak Aida juga ternyata pernah menjadi kontributor artikel dalam sebuah blog kuliner di Malang. Melalui blognya, ia menuturkan kalau ia pernah merogoh kocek sendiri dengan mendatangi cafe ke cafe, hanya untuk menulis sebuah tulisan yang belum tentu juga goal untuk diterbitkan. Pengalamannya ini pun membawanya dia menjadi sebuah wartawan, hingga di satu titik, ia berhasil meloloskan artikel dan mendapatkan honor. Namun, ia merasakan satu hal dimana pada akhirnya tidak nyaman dan menghilang.

Seorang wanita asli Kediri ini menyampaikan kalau minatnya tumbuh sejak 2022. Ada sebuah titik dimana, ia merasa membaca artikel tetapi gaya bahasanya kok gitu-gitu aja, tapi pengunjungnya banyak? Rasa keingintahuannya ini membuatnya ingin tahu tentang blogging yang baik dan benar. Mungkin itu juga menjadi alasan terkuatnya bergabung di Blogspedia Coaching, ya,teman-teman.

Bagi seorang content writer, bukan tidak mungkin mengalami kebosanan dan kejenuhan ketika menulis. Writer's Block, menjadi sebuah moment dimana penulis merasa stuck dengan tulisannya dan tidak mendapatkan ide. Beruntungnya, Mbak Ida memiliki hobi seperti olahraga(sport), memasak, dan travelling. Sejalan dengan postingan dari sebuah akun di instagram beberapa pekan lalu, memang seorang penulis itu baiknya memiliki banyak hobi. Agar, ketika nanti dia kehabisan ide, hobinya ini akan menjadikannya fresh, atau justru bisa menjadi bahan tulisan. Aku setuju banget, sih.

Mbak Aida memilih niche kecantikan, kuliner, dan travelling untuk menjadi topik favorit dalam blognya kali ini. Tak heran , jika blognya dinamai dengan alamat skinkerenkita.blogspot.com. Keren sih Mbak, menurutku. Aku akan menanti review dari alat-alat kecantikan yang diperlukan bagi para wanita, hehe.


Apa yang diharapkan dari Ngeblog?

Mbak Aida menuturkan, bahwa ia ingin sekali blognya menjadi blog yang informatif bagi pembacanya. Menjadi manfaat untuk orang banyak, dan syukur-syukur bisa memperoleh penghasilan tambahan.



8 Tips Agar Blogger Rajin Posting Ala Mbak Aida

1. Yakin pada diri sendiri

Menurut Mbak Aida, yakin pada diri sendiri itu sangat penting. Yakin dapat menyelesaikan tantangan juga penting.

2. Tulis/screen capture tema tulisan yang harus dibuat. 

Tips kedua adalah menentkan tema tulisan yang akan dibuat. Saya juga sangat setuju akan hal ini, karena merencanakan tema itu adalah hal pertama yang dilakukan.

3. Manfaatkan waktu sebaik mungkin mencari tema yang mau ditulis

Seperti Mbak Aida, memanfaatkan waktu ketika ada waktu istirahat untuk mencari referensi sebanyak mungkin tentang apa yang mau ditulis.

4. Menulis setelah Magrib

Bagi Mbak Aida, menulis setelah Magrib menjadi waktu yang "tenang" untuk menulis setelah melakukan rutinitas yang padat seteah bekerja.

5.Blogging jangan mendadak

"Blogging tidak untuk seharian", adalah slogan Mbak Aida. Ia biasanya menyisihkan waktu 2-3 jam untuk blogging dalam sehari untuk menulis dengan tulisan yang optimal. Jadi kita harus bisa menentukan waktu yang tepat kapan otak kita lancar berpikir dan semangat untuk blogging.

6. Menulislah tanpa editing dulu

Setelah menentukan tema dan mencari referensi, selanjutnya adalah menulis dari sudut pandang kita sendiri. Menulis tanpa editing membuat kita lebih lancar juga sih, daripada sedikit sedikit menulis lalu langsng dikoreksi.

7. Setelah selesai menulis baru lakukan editing

Setelah selesai menulis, Mbak Aida biasanya akan membaca ulang hasil karyanya sambil mengoreksi kata/kalimat yang kurang pas. Tahap berikutnya adalah penentuan judul. Terkadang, menentukan judul itu dilakukan di akhir setelah selesai menulis.

8. Blogwalking untuk mencari ide

Blogwalking menjadi jalan yang ampuh ketika kehabisan ide.

Nah, jadi ada 8 Tips dari Mbak Aida agar menjadi blogger yang rajin posting. Ternyata, menjad blogger tidak melulu harus rajin membaca, dengan kedelapan tips di atas, Insyaallah akan menjadi blogger yang pro. Kalau teman-teman, adakah tips lain?



4 comments

  1. MasyaAllah, terharu dengan hasil tulisannya. Jadi lebih ringkas dan mudah dipahami.. Terima kasih kakak Thia..

    ReplyDelete
  2. mba aida memilih niche yang sangat spesifik ya mba, salut

    ReplyDelete