Ganti Judul dan ALt sendiri

Maksimalkan Masa Kuatmu, Sebelum Datang Masa Lemahmu

 


Bismillahirrahmanirrahim.

"Laqad khalaqnal insaana taqwiim. ", ayat keempat dari Surat Tin, menjadi pengingat dan semangat bagi kalangan muda, bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dalam wujud dan bentuk yang sebaik-baiknya. Ini menjadi perhatian kita, bahwa dalam siklus hidup manusia, yaitu mulai dari waktu ketika ia dilahirkan tidak bisa menjadi apa-apa, kemudian bertumbuh. Sekitar puluhan tahun menjadi balita dan remaja, lalu kemudian menjadi pemuda sebelum beranjak tua. Orang-orang menyebutnya menjadi manusia yang produktif. Pernah pada masanya, manusia bekerja dengan normal, berusaha dengan baik, dan menjadi manusia yang sempurna.

Akan tetapi, dalam ayat kelima Surat Tin, Allah menegaskan kembali bahwa, "Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya." Seperti dikutip dalam Tafsir Ibnu Katsir, Mujahid, Abul 'Aliyah,al-Hasan, Ibnu Zaid dan lain-lain mengemukakan bahwa akhir yang dimaksud dalam ayat kelima ini adalah neraka.  Manusia akan diseret ke neraka ketika tidak mengikuti perintah Allah dan Rasul Allah. 

Dua ayat dalam Surat Tin ini menjadi pengingat bagi kita, bahwa sebelum masa tua kita datang, kita hendaknya bisa memanfaatkan waktu muda kita dengan baik. Saya kemudian jadi ingat 5 perkara sebelum 5 perkara. Ya, muda sebelum tua.

Masa muda, adalah masa dimana manusia mencapai kondisi badan dan produktivitas yang paling bagus. Pada masa itu, ia hendaknya bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif, mempersiapkan bekal untuk masa tua dan masa akhirat. Memperbanyak melakukan kebaikan dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang mengandung kemudaratan. Jika pada masa muda ia telah memegang sebuah profesi, hendaknya ia meniatkan untuk beribadah menabung pahala untuk akhirat.

Karena, akan ada masanya dimana masa muda kita akan habis. Kita tidak sehebat dulu lagi. Raga mungkin sudah tidak kuat lagi jalan kaki ke masjid. Sudah tidak kuat lagi menulis catatan yang kita simak secara online. Mata sudah tidak kuat lagi membaca buku-buku tafsir yang kita beli. Ya, sejalan dengan Surat kelima At-Tin tadi. Maka sebelum  "masa lemah" kita datang, semoga kita bisa memanfaatkan waktu emas kita dengan baik. Aamiin.

Post a Comment