Ganti Judul dan ALt sendiri

Istirahat Untuk Memulai Kembali

Terkadang, kita bingung mau melangkahkan kaki kemana, setelah melalui perjuangan yang jauh. Ada rasa ingin berhenti dan menengok ke belakang. Terlebih lagi jika yang kita lakukan ini tidak memberikan progress sama sekali. Terkesan jalan di tempat.

Memang, terkadang ada kalanya kita ingin istirahat sejenak saja. Tetapi bukan berarti kita berhenti. Setelah semua yang kita pernah usahakan dan memulai, kita tidak lantas berhenti begitu saja dan meninggalkan untuk beralih ke dunia lain.

Ya. Ada waktu untuk beristirahat secara berkala. Sebagai manusia biasa, tidak dapat dipungkiri jika kita terkadang semangatnya naik dan turun. Terkadang di atas, dan suatu ketika sampai di bawah. Sangat manusiawi sekali.

Menjadi penting untuk kita, melihat kembali mimpi besar yang telah kita canangkan di awal. Melihat kembali dream board kita dan memberikan serangkaian pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri.

Mau berapa lama lagi akan kau wujudkan mimpimu?

Mau seberapa jauh lagi kau akan melangkah?

Apakah kamu butuh bantuan dari orang lain?

Ya, berikan pertanyaan secara terus-menerus kepada diri sendiri, sehingga akan terjadi pergolakan batin. Jika memang mimpi besar kita itu sudah cukup kuat, saya rasa, semangat untuk memulai lagi akan muncul kembali. Tidak salah juga, meminta saran dari orang lain, atau meminta bantuan untuk memberikan masukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. 

Mungkin, diri kita sedang tidak baik-baik saja. Mungkin, diri kita sebenarnya sangat tidak mampu untuk mencapainya. Dan mungkin, diri kita hanya perlu penyemangat saja untuk memulai kembali. Dan, hanya diri kitalah yang tahu tentang diri kita sebenarnya seperti apa. 

Tidak usah malu dengan perkembangan diri kita yang mungkin tidak ada progress sama sekali. Tidak perlu takut jika perjuangan kita rasanya sangat sulit dan panjang. Tidak usah menghiraukan perkataan orang. Mereka hanya tahu bagian luarnya saja. Orang-orang yang sukses, dalam perjalannya akan mengalami sesuatu, pun jika harus dimulai dari nol.


Post a Comment