Ganti Judul dan ALt sendiri

4 Tips Anti Mager Untuk Memulai Aktivitas di Pagi Hari


Semangat pagi, Junkeisea-ers. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat dan tidak mager ya. Ada beberapat tips anti mager yang dapat kita terapkan agar hari-hari lebih berwarna.

Penyebab Malas Gerak (Mager) di Pagi Hari


Setiap orang pasti ingin hari-harinya berlalu dengan semangat, ceria, dan tidak mager. Sebenarnya apa aja sih penyebab kenapa kita selalu mager di pagi hari?

1. Kondisi hujan


Kalau di luar sedang hujan, biasanya memang kita jadi ogah-ogahan dan males ngapa-ngapain. Pengennya di dalam rumah, pakai selimut, lalu baca buku. Apalagi kalau hujannya deras dan enggak berhenti-berhenti ya Junkeisea-ers. Yang ada malah kita tiduran aja.

2. Kebiasaan suka menunda-nunda


Kebiasaan suka menunda-nunda atau proscastination, merupakan sebuah penyakit kalau kita tidak menyikapi dengan benar. Saat pagi hari adalah saat dmana tubuh kita seharunya bugar dan bisa fresh menghadapi hari. Tetapi, kita kadang-kadang muncul keinginan untuk menunda memulai hari. Tapi kalau kebiasaaan ini sering kita lakukan, yang ada adalah jadinya mager ya Junkeisea-ers.

3. Tidak merasa bersemangat melakukan sesuatu


Penyebab ketiga merupakan tidak bersemangat untuk melakukan sesuatu. Ada beberapa tipikal orang yang dia itu mager kalau memang dalam dirinya lagi malas melakukan sesuatu. Adanya semangat ini memang penting banget ya Junkeisea-ers.

Tips Anti Mager Memulai Aktivitas di Pagi Hari

Nah, dengan ketiga alasan tadi, sering kali menjadi alibi orang untuk mager di pagi hari. Sebenarnya apa saja tips untuk menghindari mager di pagi hari?

1. Bangun 1 Jam lebih awal


Kalau pagi-pagi sudah keluar fase magernya, tips yang pertama untuk menghalau mager adalah dengan bangun 1 jam lebih awal dari anggota keluarga yang lain, atau dari jadwa l kita yang seharusnya bangun.


Untuk ibu yang bekerja, bangun 1 jam lebih awal sangat penting berperan bagi mood kita. Kalau gagal di pagi hari, dijamin mood akan enggak enak seharian

2. Bersihkan diri dan lingkungan


Tips anti mager berikutnya adalah dengan bebersih. Bersih diri alias mandi bsia menjadi obat anti mager di pagi hari. aPALAGI mandi dengan air dingin, rasanya seperti “membangunkan kita” dengan tepaan air yang mengalir di tubuh. Badan fresh,fikiran fresh tentu saja.


Selain bersih-bersih diri, jangan lupa untuk merapikan tempat tidur dan lingkungan sekeliling ya Junkeisears. Kalau mimin sendiri,lebih suka ruangan yang bersih dan tertata rapi. Menyapu, meletakkan sampah pada tempatnya juga penting ya Junkeisea-ers.

3. Journalling


Langkah berkutnya adalah dengan menulis jurnal. Setelah melihat ruangan yang telah rapi, berikutnya adalah menulis to do list, apa saja yang akan dilakukan seharian dalam jurnal.Menulis juga membantu kita dalam menuangkan pikiran serta kemauan dalam diri kita sendiri.

4. Minum minuman kesukaan


Adakah teman-teman yang suka nglihat vlog Korea, mbak-mbak yang baru selesai beres-beres lalu bikin minuman untuk dirinya sendiri. Hal ini juga berlaku untuk kita ya Junkeisea-ers.


Madu hangat, teh hangat, kopi,atau air putih hangat bisa jadi salah satu pilihan yang akan menemani kita memulai hari.


5. Memakai parfum kesukaan


Selepas selesai dengan mandi dan bersih-bersih lingkungan, kini saatnya menjadikan dri sendiri nyaman. Memakai pengharum dan parfum kesukaan ini bisa meningkatkan mood kita lho Junkeisea-ers.

Tips Agar Produktif di Pagi Hari

Nah kalau penyebabnya kita udah tau, tips-tips anti magernya udah tahu, langkah selanjutnya apa min?

1. Berdoa sebelum beraktivitas

Sebelum memulai aktivitas,memulai aktivitas di pagi hari ini jangan lupa memulainya dengan berdoa dulu ya Junkeisea-ers! Mau harimu buruk, mau harimu baik, yang pertama-tama kita lakukan adalah berdoa dulu, agar aktivitas seharian kita mendapatkan Ridha dari Allah SWT.

2. Memulai dari yang paling gampang


Ketika mager melanda, seringkali kita udah merasa minder duluan untuk melakukan hal besar. Untuk itu, sebelum beranjak ke pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi, atau aktivitas yang berat, kita mulai dari yang gampang-gampang saja seperti meyiram tanaman, menyapi, dan lain sebagainya.

3. Non aktif gawai dalam kondisi bekerja


Sebagian orang menjadi sangat fokus ketika bekerja dan menjauhkan gawainya. Jika hal in terus terjadi, maka kita jadi ter-distract dan perhatian kita tersita meakukan pekerjaan yang kurang penting.

4. Menghitung track kebiasaan kita


Setelah mekukan hal-hal yang baik dan anti mager, maka berikutnya adalah kita harus menghitung seberapa langkah jauh kebiasaan kita dalam menghalau mager.

5. Jangan lupa istirahat


Terakhir, terlalu bersemangat tapi jangan lupa kebabalasn ya Junkeisea-ers. Setelah seharian penuh bekerja, maka kita perlu memulihkan tenaga dengan beristirahat. Jangan memaksakan diri apabila tubuh dalam kondisi yang masih lelah ya Junkeisea-ers. Bisa jadi, dengan beristirahat yang cukup akan membuat kita jadi fresh dan berdampak baik bagi kesehatan.


Nah, semoga dengan kelima tips tadi, bisa menjadikan awal hari kita menyenangkan tanpa mager. Mengutip dari yankes.kemkes.go.id, kebiasaan gaya hidup mager ini tentu saja tidak baik Junkeisea-ers.

Malas gerak atau mager ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang perlu diubah, apalagi kalau kita sudah merasa nyaman. Efek dari mager ini tidak akan dirasakan secara langsung, tetapi akan terakumulasi secara sekian tahun.

anti-mager

Bahaya Malas Gerak (Mager)

Menurut WHO, mager menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Gaya hidup mager atau sedentari ini ternyata menjadi salah satu penyumbang penyebab kematian seseorang ya Junkeisea-ers. European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 2008 melaporkan bahwa kematian akibat kebiasaan malas gerak jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan kematian karena obesitas. Risiko mengalami lebih banyak masalah kesehatan akan lebih meningkat apabila diikuti dengan pola makan yang tidak seimbang dan kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau minum alkohol.


Beberapa bahaya dari malas gerak yaitu:

1. Konsentrasi menurun


Ketika kita beraktivitas, apalagi ketika mager, seringkali konsentrasi kita menurun. Kurangnya sirkuasi udara ini menjadi penyebab utama menurunnya konsentrasi

2. Meningkatkan resiko penyakit


Bahaya berikutnya adalah dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung! Aduh bahaya sekali ini ya teman-teman.

3. Gangguan fungsi kognitif


Aktivitas fisik dapat merangsang aliran darah kaya oksigen ke otak dan memperbaiki sel dan jaringan otak yang mengalami degenerasi. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan fungsi otak menurun.

4. Resistensi insulin


Apabila kita menghabiskan waktu selama sebagaian besar waktu kita dengan mager, ini akan meningkatkan risiko kita akan penyakit ya teman-teman.

anti-mager


KESIMPULAN


Selain dengan 4 bahaya dari mager, ada baiknya kita melakukan tips anti mager agar kita bisa lebih produktif  beraktivitas di pagi harinya. Nah, teman-teman punya tips anti mager lainnya kah? Sharing yuk!



2 comments

  1. Aku baru tahu ada bahaya mager kak... makasih informasinya

    ReplyDelete
  2. Wah reminder sekali buat aku nih kak, yang kalau pagi suka malas memulai :D apalagi udara mendukung. Makasi insightnya kak...

    ReplyDelete