Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Cepat Pemutihan BI Checking

Semangat pagi, Junkeisea-ers. Gimana kabarnya hari ini, semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Baik raganya, baik jiwanya, dan baik finansialnya, hehehe. Melakukan pengecekan kondisi keuangan pribadi itu sangat penting lho, Junkeisea-ers. Baik mengecek pendapatan, maupun mengecek riwayat hutang kita. Pengecekan riwayat hutang/kredit disebut sebagai BI Checking atau dikenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Apakah BI Checking itu?

BI Checking atau SLIK menjadi tanggung jawab dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dilansir dari website ojk.go.id, SLIK merupakan sistem informasi yang mencakup lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan, serta lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur dan memiliki kewajiban untuk melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID). Lebih jauh lagi, SLIK digunakan untuk melaporkan, fasilitas penyediaan dana, data agunan, dan data terkait lainnya dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan (LPIP) serta pihak lainnya.

Wih, panjang ya, junkeisea-ers. Intinya, SLIK ini adalah pegangan untuk kreditur, sebelum memutuskan untuk memberikan kredit kepada para debitur. Informasi dan riwayat apapun terkait hutang.


Seberapa penting BI Checking untuk kita?

Jika ada pertanyaan, “penting nggak sih BI Checking kalau kita nggak mau kredit?” BI Checking memang diperuntukkan bagi kita yang memang terkait dengan pengajuan kredit kepada kreditur. Kalau nggak pernah ngutang, nggak pernah nyicil, nggak pernah pakai pinjol sih, kayaknya enggak perlu, ya. Tapi, apabila Junkeisea-ers dalam kondisi memerlukan pengajuan pinjaman ke bank, entah KPR atau hutang untuk keperluan tertentu, disarankan melakukan BI Checking agar pinjaman lancar.


Cara Melakukan BI Checking


Pengecekan BI Checking bisa dilakukan secara online, melalui website OJK. Sebelum melakukan pengecekan, junkeisea-ers persiapkan lebih dulu dokumen yang diperlukan ya seperti KTP atau idetitas pengurus serta akta kelahiran perusahaan dan NPWP. Adapun langkah-langkah pengecekan BI Checking sebagai berikut:
  1. Masuk ke laman https://idebku.ojk.go.id/Public/HomePage

  2. Pilih menu “pendaftaran”

  3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap, sesuai dokumen

  4. Unggah dokumen yang diminta

  5. Menerima email konfirmasi dan nomor pendaftaran

  6. Hasil iDeb akan dikirimkan melalui email dalam waktu 1 hari kerja

    7. Melakukan cek status layanan 

     

    Jadi gimana, junkeisea-ers, sudah siap mau melakukan BI Checing? Untuk lebih lengkapnya lagi, bisa ikuti langkah berikut ini ya:

    Langkah 1 dan 2 : masuk ke halaman pendaftaran 

     

    bi-checking

     

    Langkah 3 dan 4: Isi formulir pendaftaran dan unggah dokumen

     

    bi checking
     

     Langkah 7: Cek status layanan

    bi checking

     

Cek Tingkatan Skor Kredit Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)


Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum, Hasil konfirmasi iDeb terdiri dari beberapa tingkatan, diantaranya:

bi-checking

Nah, skor yang muncul dalam hasil iDeb kita menunjukkan bagaimana riwayat pembayaran cicilan kita. Jika kita memiliki skor 3,4, atau 5, maka kita termasuk golongan orang-orang yang di-blacklist oleh SLIKJK dan bank biasanya tidak mau ambil pusing dengan memberikan loan kepada kita. 

Pemutihan BI Checking, Bagaimana caranya?


Bagaimana jika hasil skor iDeb kita termasuk yang kena blacklist? Junkeisea-ers enggak perlu khawatir. Ada beberapa langkah untuk melakukan pemutihan BI Checking.

1. Lunasi hutang


Tidak ada cara sakti untuk melakukan pemutihan atas hutang kita, ya temans.Satusatunya cara dan yang paling pokok adalah dengan melunasi utang, apapun itu. Secepatnya, dan selunas mungkin.

2. Pantau SLIK OJK


Agar junkeisea-ers bisa melakukan pemutihan, pastikan langkah pertama telah dipenuhi. Jika belum lunas juga, mustahil masuk ke langkah berikutnya ya, teman. Jika kita yakin sudah benar-benar lunas, langkah selanjutnya adalah memantau status melalui SLIK OJK, agar skor kredit kita mengalami perubahan, setidak-tidaknya bukan di skor 3,4 atau 5, ya. Nah, lalu bagaimana jika ternyata belum juga berubah setelah sekian purnama?

3. Membuat Surat Klarifikasi


Berikutnya adalah junkeisea-ers bisa membuat surat klarifikasi, yang ditujukan kepada kreditur/tempat junkeise-ers mengajukan kredit. Klarifikasi ini penting ya, untuk memastikan pelunasan kita benar-benar nihil, dan prosesnya sudah sampai ke SLIK OJK.

Tips Cepat Lunasi Utang

Langkah paling sulit dalam melakukan pemutihan BI Checking adalah melakukan pelunasan utang. Yang kadang terjadi adalah, kita terlalu fokus ingin cepat-cepat lunas dengan "gali lobang tutup lobang". Pinjam ke satu tempat untuk menutup pinjaman kita yang satu lagi. Sebenarnya, hal itu sama saja dengan menambah beban bagi diri kita sendiri.

Menurut glints.com, ada beberapa cara cepat melunasi utang, yang bisa kita coba lakukan apabila terjerat utang yang besar, diantaranya:

1. Fokus membayar dari utang dengan bunga paling besar


Bukan tidak mungkin, karena sesuatu hal membuat kita berutang dengan bunga yang besar. Jika kita memang memiliki utang yang banyak, maka menurut Wells Fargo, membayar utang dengan bunga paling besar akan menghindarkan kita dari risiko bunga yang semakin membesar kedepannya.

Dalam hal ini, tentu kita harus komitmen untuk menyisihkan cicilan setiap bulannya dari anggaran kita dalam satu bulan.

2. Membayar utang dari yang paling kecil

Teori ini disebut sebagai debt snowball, artinya, kita melunasi utang dengan fokus pada utang-utang kecil. Secara total, memang akan terlihat progres yang lebih cepat dibandingkan ketika harus membayar utang yang paling besar terlebih dahulu.

3. Melakukan evaluasi keuangan pribadi

Langkah ketiga adalah dengan melakukan evaluasi terhadap keuangan pribadi kita. Ada baiknya kita cermati kembali, berapa pemasukan, dan berapa pengeluaran, dan pastikan cicilan telah menempati pos pengeluaran wajib setiap bulannya. Apabila terlihat masih berat, maka lakukan penghematan dan menyesuaikan gaya hidup kita adalah sesuatu yang wajib. Sebuah pepatah mengatakan, jangan sampai kita “besar pasak daripada tiang”, semoga bisa kita hindari ya junkeisea-ers.


4. Mencicil lebih dari minimum pembayaran


Cara berikutnya agar utang kita cepat lunas adalah melebihkan nominal cicilan. Jadi misalkan utang kita berjumlah Rp500.000,-, maka cicillah sejumlah Rp600,000,-. Nah, selisih Rp100.000,- akan terakumulasi nantinya dan bisa membuat utang kita lunas lebih cepat, bukan?

5. Melebihkan frekuensi cicilan


Sedikit berbeda dari poin atasnya, kali ini kita mencicil 1kali lebih banyak dibandingkan dengan cicilan yang seharusnya.

6. Mencari sumber penghasilan tambahan


Jika langkah kesatu hingga kelima telah kita lakukan, tapi masih terasa agak berat, maka lakukan langkah keenam, yaitu mencari tambahan penghasilan lain. Tidak bisa dipungkiri, memang agar kita bisa mengeluarkan lebiih banyak, maka penghasilan kita juga harus lebih banyak.

Saat ini, ada beberapa pekerjaan tambahan yang bisa menjanjikan, seperti misalnya menjadi seorang blogger, content writer, youtuber, berdagang misalnya.

7. Mengendalikan pengeluaran dan berhemat untuk keperluan sehari-hari


Grocery shopping seringkali menjadikan kita belanja barang-barang yang kadang tidak terllau dibutuhkan. Junkeisea-ers jangan terpaku dengan diskon ya, kadang-kadang itu adalah salah satu strategi agar penjualan meningkat, padahal bisa saja barangnya tidak kita butuhkan.

KESIMPULAN

Semoga dengan ketujuh pilihan langkah tadi, bisa membantu junkeisea-ers bagi yang ingin melunasi utangnya lebih cepat ya. Semakin cepat lunas, maka pemutihan BI Checking kita akan semakin cepat. Semoga bermanfaat ya.



7 comments

  1. Pemutihan!! Kirain ada cara sakti hapus hutang2 hihi naif banget. Semoga yang nulis dan semua yg baca dihindarkan dari segala hutang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. begitulah kak. :))

      Aamiin aamiin... bebas utang

      Delete
  2. tipsnya bisa di save nih kak, biar bisa belajar pengelolaan keuangan jugaa..

    ReplyDelete
  3. Semoga dijauhkan dari hutang ya..

    ReplyDelete