Ganti Judul dan ALt sendiri

Aku dan Blog Impianku

Bismillah. Sabtu pagi cerah ceria, diiringi alunan musik yang menenangkan, membuat hati ingin rehat sementara dari rutinitas yang padat. Teman-teman gimana kabarnya? Sudahkah punya rencana hari ini mau ngapain? Kalau belum ada, yuk belajar ngeblog aja :)

Sesuai planku kemarin, aku memang ingin bersungguh-sungguh mengikuti Blogspedia Coaching kali ini. Sejam setiap hari  yang aku harapkan bisa dilakukan, ternyata belum efektif teman-teman! Wkwk. Kalau hari-hari yang padat akhirnya membawaku untuk ngeblog di akhir pekan. Konsisten memang masih menjadi PR buatku. Perjalanan menjadi full time blogger tidak mudah ternyata,ya.

Minggu ini masih menjadi bagian dari perjalananku ikutan blogspedia coaching. Materi kali ini enggak kalah banyaknya dibandingkan materi pekan lalu. Kalau kali ini lebih banyak diajari mengenai teknis pembuatan blog, khususnya pemilihan niche blog, template, header, logo, hingga pemilihan template serta label.

Menentukan Tampilan Blog Impian 

Pemilihan Niche Blog

Niche, apakah itu? Niche merupakan spesifikasi atau kekhususan dari blog kita. Ia biasa juga disebut dengan ciri khas sebuah blog. Ada blog tertentu yang ngomongin makanan aja, ada pula yang ngomongin travelling aja. Nah, disini, untuk awalan aku memilih menggunakan niche lifestyle. Niche lifestyle yang sempat kudengar bisa dibilang niche gado-gado, dan cocok untuk blog pemula sepertiku.

Memilih Judul

Junkeisea, memang sudah lama aku menggunakan kata ini. Aku pernah menggunakan di email, dan waktu itu sempat ingin menjadikannya sebagai nama sebuah blog. Etapi, karena satu dan lain hal, akhirnya aku mengurungkan diri terlebih dahulu. 

Junkeisea ini adalah sebuah alias, atau singkatan dari sebuah motivasi bagi diriku sendiri. Aku menganggapnya menjadi sebuah penyemangat untukku menjadi pribadi yang tangguh dan bisa diandalkan, setidaknya untuk diriku sendiri. Junkeisea juga mengingatkan untuk selalu militan dalam berbuat kebaikan, menebar manfaat untuk pasangan, keluarga, sahabat terdekat, dan orang-orang sekitar. Duh, muluk-mulukkah? Semoga tidak, bismillah.

Menentukan Tagline

Tagline yang kupilih kali ini adalah "Grow Blog". Berharap, junkeisea ini menjadi tempat untuk bertumbuh. Dari tulisan yang diposting, aku berharap menjadikanku pribadi yang bertumbuh. Dari sebuah benih, ia perlahan bertumbuh sedikit demi sedikit. Dari sebuah kecambah, ia tumbuh menjadi tanaman, yang harapannya bisa berbuah. 

Mengisi Meta Deskripsi

Kalau blog kubayangkan seperti sebuah rumah, meta deskripsi mungkin sebuah gorden. Untuk blog junkeisea yang akan kubuat, aku memilih meta deskripsinya sebagai "blog yang akan menjadi teman bertumbuh. Bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Berbuah menjadi manfaat bagi sekitar" menjadi susunan kalimat mulia yang ada di kepalaku kali ini. 

Membuat Logo/Favicon

 


Gambaran besar blog ini adalah tentang bunga/tanaman. Kalau dilihat, di atas huruf "i", aku menyematkan sebuah bunga, yang menggambarkan bahwa dengan blogku ini, bisa membuat pembaca mendapatkan sesuatu/insight yang didapatkan. Dan tentu saja, bunga yang kuharapkan adalah bunga yang indah, yang wangi. Hehe..

Menyusun Header Image


 

Untuk mempermanis blogku, aku menggunakan nuansa pink soft. Entah kenapa, aku selalu suka tampilan blogku yang manis gini. Warna pink mengingatkanku akan jajanan anakku manisan gula.

Label/Kategori

Label ini kuanggap seperti sebuah kamar-kamar yang ada dalam rumahku. Untuk blog junkeisea, aku memilih beberapa label yaitu food, reflection, dan life.

1. Food

Dengan label ini, semoga tulisan yang berbau makanan bisa kuposting disini

2. Reflect

Reflect ini aku mencoba melabeli tulisanku yang berbau refleksi/muhasabah untuk diri sendiri.

3. Life

Sedangkan life, lebih ke pengalaman yang aku alami untuk dibagikan untuk orang lain

Portofolio

Aduh kalau portofolioku disini sebenarnya belum terlalu banyak, baru mau dibuat. Menurutku, protofolio akan berhubungan dengan masa depan blog ini. Mungkin portofolioku akan kuisi seiring dengan postingan-postingan blog yang akan kuposting.

Domain

Dalam dunia domain, yang kutahu ada beberapa domain yang ada. Tapi dari sekian banyak domain, ada yang di dalam jangkauan, dan ada yang mendingan enggak dulu. Sebenarnya, aku ingin mendomainkan blog ini kedalam TLD (Top Level Domain), tapi entahlah nanti mau dipasangkan dengan pihak ketiga yang mana. Sepertinya perlu banyak-banyak ngecek perduitan dulu. Karena masang TLD ini kan harapannya untuk keberlangsungan domain. Selama apa domain yang ingin dipasang, dan berapa kirakira biaya yang diperlukan? Apakah sudah worth dengan apa yang kita posting?

Pemilihan Template

Agar senada dengan tema blog yang kuambil, aku ingin template blogku nanti tidak jauh dari warna warni pastel. Tidak muluk-muluk yang bagus sih, yang penting harus sedap kupandang sendiri. Blog adalah ibarat rumahku, jadi aku ingin mempercantiknya sesuai keinginanku sendiri. Ketika aku ngeklik, aku akan senang.

Berkenalan dengan Istilah Blog

Dari sekian banyak tampilan untuk blog tersebut, sebenarnya ada beberapa hal terkait materi kemarin yang masih perlu dipelajari dan dikenalkan, yang kalau kulihat sedikit banyak berkaitan dengan SEO dan segala pernak perniknya. Sebelum melangkah lebih jauh, memang perlu belajar basic blogging dulu.

  1. Domain Authority (DA)
  2. Page Authority
  3. Alexa Rank
  4. Website Authority / Domain Rate
  5. Domain Score
  6. Spam score

Beberapa istilah di atas memang sangat berkaitan dengan performa blog kita ke depannya. Lebih tepatnya, ranking blog di mata Google dengan segala SERP-nya. Dan kalau aku bisa simpulkan, segala macam ranking kita nantinya akan sangat dipengaruhi oleh tampilan awal blog yang kita pilih. 

Selain itu, pada materi kedua kali ini dijelaskan pula mengenai kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula. Dan ternyata, ini juga pernah kulakukan, hiks. Memilih template yang berat, terlalu banyak widget, dan pemilihan kata dalam tautan, ternyata sangat berpengaruh dalam performa blog.

Junkeisea, Grow Blog

Dengan junkeisea, aku mencoba berbagi hal-hal yang berkait dengan kehidupan sehari-hari. Dengan junkeisea, aku berharap agar tulisanku bertumbuh menjadi banyak manfaat yang bisa diperoleh. Nah itu saja teman-teman gambaran blog impianku. Semoga dengan begitu aku tidak salah melangkah ke depannya. Mohon doanya ya, agar blog impianku benar-benar terwujud.:)



Post a Comment