Ganti Judul dan ALt sendiri

Memulai

"A journey of thousand miles,begins with a single step".

Pepatah ini sepertinya sudah sangat melekat di antara kita. Sering kita temui dalam artikel-artikel ataupun penyemangat dalam sesi motivasi. Perjalanan sejauh seribu mil, dimulai dari satu langkah sederhana. 
Terkadang, kita menginginkan mimpi yang kelihatannya sangatlah tinggi untuk kita gapai. Seorang anak SMA, yang kemudian berharap untuk masuk ke sebuah universitas ternama di Indonesia. Seorang karyawan yang berharap mendapatkan beasiswa keluar negeri secara gratis dari pemerintah. Seorang anak yang kurang mampu yang menginginkan untuk lulus kuliah dengan IPK sempurna.
Ya, semua itu serasa tidak mungkin. Tetapi, satu hal, kita harus percaya bahwa perjalanan yang panjang itu akan dimulai dari sebuah langkah. 

Memulai
Memulai sesuatu yang rasanya tidak mungkin, rasanya memang paling berat. Beranjak dari zona nyaman kita sehari-hari. Berubah dari nilai yang sebelumnya belum kita yakini. Mencoba hal yang baru yang tak pernah kita lakukan sebelumnya. 
Diri kita memang memerlukan waktu untuk melakukan adaptasi. Stephen R. Covey mengatakan, untuk membuat sebuah kebiasaan, setiap orang memerlukan rata-rata 21 hari untuk membuat diri kita terbiasa melakukan suatu hal. Seperti sebuah iklan e-commerce, "Mulai aja dulu.". Sepertinya cukup membuat saya terngiang-ngiang. Bahwa untuk memulai apapun, yang terpenting adalah, mulai saja dulu. Memulai sesuatu yang baru, meski hanya dengan hal kecil.

Komitmen
Komitmen bukanlah hal yang mudah untuk bisa melakukan suatu pekerjaan atau kebiasaan. Ada baiknya setelah kita memulai hal yang baru adalah, mulailah dengan sesuatu yang kita kira dapat mencapainya. Misalnya, kita ingin memulai kebiasaan untuk jalan sehat 10.000 langkah perhari. Padahal sebeelumnya, kita tidak pernah melakukan itu, sering mager di dalam rumah. Saran saya, mulai saja dengan target 3000-5000 dulu untuk memulai jalan kaki sampai kita terbiasa. Paling tidak sebulan. Jika sudah bisa, maka naikkanlah target secara perlahan hingga mencapai 10.000. 

Menikmati Proses
Program apapun yang kita jalani, jika kita tidak suka melakukannya, akan menjadi beban. Pastikan sebelum memulai hal baru, percaya bahwa itu adalah sesuatu yang kita senangi atau kita yakini kita akan melakukan itu untuk mencapai tujuan. Jangan hanya mengikuti seseuatu karena tren atau gaya-gayaan Yang ada malah capek sendiri.

Beri apresiasi untuk diri sendiri
Setelah kita mulai perubahan yang kita inginkan, evaluasi dari target awal yang kita tetapkan. Jika dirasa belum mencapai target yang signifikan, atau progress nya hanya kecil, tetaplah memberi apresiasi untuk diri sendiri karena telah berani memulai sesuatu yang baru. 

Post a Comment