Ganti Judul dan ALt sendiri

Bukan Sekedar Tutur Kau Tulis

Sebuah pengingat untuk diri ini. Semoga bisa menjadi awal untuk memulai sebuah komitmen yang seringkali terlupakan. Repost dari aljihadu-sabiluna@abatasa.com

Dia tak akan mencipta segala dengan sia-sia. Mulut ini, telinga ini, jari ini. Dan bahkan kemampuan hati ini menuturkan kata dengan gerak lentik dia atas tuts pun, harus ada kemanfaatan.
Sebuah nasihat mengatakan, “tak perlu kau tulis segala yang terpikirkan. Tapi, tulislah apa yang akan kau lakukan. Dan lakukan apa yang telah kau tulis”.
Tulisan bukan sekedar rangkaian kata tanpa makna. Karena ia memiliki kekuatan untuk jiwa penulisnya. Maka, tulislah apa yang memang memiliki kemanfaatan.
Dan memang, menulis untuk kearifan jiwa bukan sekedar menuturkan apa benak yang terlintas tapi juga dengan menyelaraskan dengan nurani kita.
Benar adanya, jika menulis adalah media jiwa untuk membantu menumpahkan jiwa yang tengah resah dan lelah akan berbagai persoalan dunia. Tapi, ada yang henak disadari bahw, terkadang, dengan menuliskan apa yang kita rasa dengan filter baik buruk dan kontrol nurani, akan menciptakan solusi dan suara hati ini untuk permasalahan yang kita nanti jawabannya.
Ya. Masing-masing kita punya nurani untuk membantu jiwa menapaki hidup.
Maka, jangan hanya menumpah apa yang kau rasa. Tapi juga, pikirkan kemanfaatan yang akan mengalir.
Karena, menulispun juga merupakan bagian bentuk hidup kita. Dan apa yang telah kita kerja, akan ada bentuk pertanggung jawaban untuk-Nya. Dan, tak mungkin tidak. Tulisan kita kelak pun akan dimintai pertanggungjawaban. Apakah hanya sebuah sensasi, bentuk pencarian perhatian, atau benar tulus niat ikhlas untuk mencari manfaat atas yang telah kita tulis.
Dan akhirnya, manfaat harus lebih banyak daripada mudharat.
Dan tulislah, dan temukan Dia dalam setiap tulisan kita.
Wallahua’alam bishshawab.
✓ OldestNewer ›

Post a Comment