Ganti Judul dan ALt sendiri

Resolusi Selama Pandemi: Menghabiskan Tumpukan Buku


Teman-teman, siapa yang suka membaca buku? Siapa yang suka gampang tergoda melihat iklan buku bersliweran di media sosial atau e-commerce? Atau siapa yang mudah terkena iming-iming untuk membaca sebuah buku berdasarkan hasil review dari suatu komunitas baca buku?

Kalau ada, berarti sama dengan saya berarti. Ha ha ha.

Tanpa disadari, saya mudah tergoda untuk melakukan hal-hal semacam itu. Apalagi jika ada diskon senilai tertentu atau ada event bazar buku online. Kebiasaan membeli buku, padahal buku yang di rumah belum terbaca semua, alhasil tumpukan buku yang harus dibaca kian meninggi. Kalau istilah keren-nya para bookstagrammer, terlalu banyak To Be Read (TBR).

Nah, sekarang saya ingin membahas, bagaimana jika di masa pandemi ini, yang tentu saja banyak waktu di rumah, membuat resolusi baru yaitu menghabiskan tumpukan buku. Disadari atau tidak, waktu kita di rumah akan lebih banyak daripada keluyuran di luar kan? Hihi, iya. Selain menambah pengetahuan kita, tentu ini akan secara tidak langsung mengurangi tumpukan barang-barang yang jarang tersentuh di rumah.

Lalu, langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai membuat resolusi ini?

1. Keluarkan semua buku yang dipunyai di rumah

Iya, keluarkan semua buku baik dari rak buku, lemari, atau buku-buku yang masih dalam segel. Hihi. Kumpulkan semua dan jangan sampai ada yang tanpa tersisa ya. Dengan begini, kita akan menjadi sadar berapa banyak buku sebetulnya kita punya. Dan mungkin akan membuka memori kita akan suatu buku. 

2. Pilah satu per satu, mana buku yang disukai dan mana yang tidak

Dari tumpukan buku yang telah kita kumpulkan tadi, sekarang peganglah satu per satu buku itu. Pisahkan buku yang senang kita baca dan ingin kita baca, dan buku mana yang tidak kita sukai dan sepertinya bisa di-remove dari rumah kita. Pastikan untukmemilah seluruh buku ya, jangan sampai ada yang tersisa.

3. Pindahkan buku yang tidak disukai ke dalam box tertentu

Ya, buku-buku yang tidak akan kita baca lagi, pindahkan ke suatu box dan beri label dan tanggal. Jika kita punya waktu, catat judulnya satu per satu, atau bisa juga difoto, Nah, buku-buku ini bisa kita jual lagi, atau bisa kita berikan kepada orang lain yang sedang membutuhkan atau bisa kita sumbangkan ke taman bacaan buku.

4. Fokus kepada buku yang kita sukai

Setelah buku-buku yang tidak kita sukai tadi beralih dari rumah, kita sekarang fokus kepada buku yang disukai. Langkah pertama adalah catat semua buku-buku bagus itu ke dalam jurnal atau buku harian. Tentukan batas waktu akan berapa lama kita membaca buku tersebut. Kalau bisa dibuat timeline ya. Menurut saya, otak kita akan fokus jika diberikan deadline (pengalaman pribadi :). Misalnya, seminggu sekali atau sebulan sekali harus menghabiskan membaca buku tertentu.

5. Buat review buku yang kita baca

Setelah kita membuat timeline tadi, apabila kita telah menyelesaikan membaca suatu buku, kita bisa membuat ulasannya di buku catatan. Atau jika sekiranya menarik untuk diberikan kepada orang lain, kita bisa meng-uploadnya di internet. Menarik juga untuk membuat blog atau instagram yang kita khususkan untuk me-review suatu buku.

6. Mengikuti komunitas membaca buku

Sekarang ini banyak komunitas membaca buku yang bisa diikuti secara gratis. Sebut saja misalnya gerakan one week one book, beranibaca, atau bbbbookclub. Dengan mengikuti komunitas dimaksud, kita akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk membaca buku. Dan bisa juga menambah pengetahuan kita akan suatu buku.

7. Install aplikasi yang mendukung kebiasaan membaca buku

Selain langkah 1 sampai dengan 6 sebagaimana di atas, kita bisa men-support diri sendiri untuk menaikkan semangat membaca buku dengan menginstall aplikasi tertentu. Misalnya, iPusnas, iJakarta, Gramedia Digital, Google Play Book, atau  Goodreads. Untuk keterangan masing-masing aplikasi tersebut, teman-teman bisa langsung cus ke Google Play untuk menginstall aplikasi tersebut dan melihat review masing-masing. :)

Demikianlah tips-tips untuk membaca buku di masa pandemi ini, Syukur-syukur, kita dapat menyelesaikan tumpukan buku yang kita punya. Daripada menghabiskan waktu di rumah hanya berdiam saja atau melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Mending kita membaca buku saja. Selain menambah pengetahuan, kita dapat berbagi juga ilmu yang kita baca kepada orang lain. Selamat memulai resolusi membaca buku :)

Post a Comment